Home  /  Misteri  / 10 Hantu Paling Terkenal di Indonesia

10 Hantu Paling Terkenal di Indonesia


10 Hantu Paling Terkenal di Indonesia

Hantu merupakan istilah dari makhluk tak kasat mata yang dianggap sangat menyeramkan oleh manusia. Secara umum semua orang akan takut melihat hantu. Selain bentuknya yang menyeramkan, manusia juga sangat mempercayai bahwa mereka mempuyai kekuatan yang menakjubkan seperti menghilang, terbang, berubah wujud, bahkan melukai manusia.

Sebetulnya hantu adalah jin yang mencoba menyesatkan pemahaman manusia. Mereka menyerupai orang yang sudah meninggal, membuat bentuk apapun sesuai tradisi misalnya pocong di Indonesia, vampir di Cina dan Eropa dan sebagainya. Tujuan mereka adalah membuat manusia takut dan meyakini bahwa mereka wajib dihormati.

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Di setiap suku atau daerah pasti mempunyai mitos atau kepercayaan baik kepercayaan dari segi kehidupan, dari segi spiritual atau tentang setan dan hantu. Berikut adalah 10 hantu yang paling terkenal di indonesia.

1. POCONG

Pocong

Kain kafan dan berjalan dengan cara loncat-loncat merupakan ciri khas dari hantu yang satu ini. Hantu pocong merupakan hantu yang sangat terkenal dan sering diangkat ke dalam film bergenre horor. Konon asal mula hantu pocong ini adalah orang yang meninggal dan tali pocongnya lupa dibuka. Oleh karna itu arwahnya gentayangan untuk meminta tolong di bukakan tali pocongnya agar bisa tenang di alam sana. Hantu pocong juga cukup menyeramkan bagi kebanyakan orang. Hal ini mungkin karena penampilannya sangat riil dengan orang meninggal dan hendak di kubur menurut kepercayaan islam yaitu tubuh dibalut kain kafan.

2. KUNTILANAK

kuntilanak

Kuntilanak tidak kalah seramnya dengan pocong. Peremuan dengan wajah mengerikan, berambut panjang dan gaun putih merupakan ciri khas yang diceritakan oleh orang-orang yang pernah melihatnya. Hantu ini dikenal suka menggoda para laki-laki nakal. Konon asal mula hantu kuntilanak ini adalah perempuan yang meninggal saat proses melahirkan. Kuntilanak sering muncul di atas pohon, seperti pohon waru dan pohon beringin. Selain itu juga seringkali menempati bangunan yang belum jadi. Kemunculan kuntilanak ini biasanya ditandai dengan suara anak ayam. Mitos yang beredar adalah jika suranya terdengar dekat maka kuntilanak ada cukup jauh dan sebaliknya jika suaranya terdengar jauh, sebetulnya ia ada sangat dekat. Hal yang menyeramkan dari kuntilanak selain dari penampilannya adalah suara tawa dan senandungnya. Kuntilanak dikabarkan senang memakan janin orang hamil tua, oleh sebab itu saat melahirkan wajib ditunggui karena kuntilanak akan terpancing datang dengan bau amis darah.

3. GENDERUWO

genderuwo

Genderuwo adalah makhluk dari bangsa jin yang berwujud seperti manusia kera. Genderuwo memiliki badan yang besar, kulitnya hitam dan mempunyai bulu yang lebat di sekujur badannya. Genderuwo ini dipercaya tinggal di pohon-pohon yang besar atau di tengah hutan belantara. Menurut mitos genderuwo sangat menyukai seks sehingga diyakini suka menggoda wanita yang sudah berkeluarga dan yang sedang ditinggal suaminya bekerja atau menjanda. Oleh sebab itu di berbagai daerah sering terdengar ada anak hasil hubungan genderuwo dengan manusia. Dalam menjalankan aksinya genderuwo biasanya menyamar sebagai suami atau laki-laki yang ganteng.

4. TUYUL

tuyul

Makhluk yang satu ini memiliki ciri-ciri badannya yang kerdil seperti anak kecil dan kepalanya yang botak atau gundul dan hanya mengenakan celana dalam saja. Tuyul ini di beberapa daerah diperjualbelikan untuk membantu manusia dalam mencari uang secara cepat. Pesugihan tuyul biasanya tidak memakai tumbal. Sebagai gantinya, sang majikan harus merawat tuyul termasuk menyusuinya. Konon kecebong dan kepiting adalah mainan favorit tuyul, begitupun dengan kacang hijau. Tidak heran jika orang-orang tua dulu mengatakan untuk mencegah kehilangan uang secara gaib oleh tuyul, sediakanlah kepiting atau kacang hijau dalam toples. Karena tuyul ini persis seperti anak kecil yang bisa lupa waktu dan tugas hanya karena asyik bermain.

5. WEWE GOMBEL

wewe-gombel

Hampir sama seperti kuntilanak, atau sundel bolong, wewe gombel merupakan hantu wanita dengan gaun putih tapi lebih compang-camping. Biasanya wewe gombel adalah perempuan tua yang lebih cocok seperti nenek-nenek dengan payudara panjang menjuntai. Hantu yang satu ini konon tertarik dengan anak kecil dan suka menculiknya dengan cara disesatkan seperti anak linglung tidak bisa pulang. Di dunia sana, anak tersebut diberi mainan atau apapun yang membuat si anak betah dan tidak mau pulang. Beberapa narasumber yang mengalami kejadian ini menuturkan mereka diberi makan makanan yang nampak enak sekali, padahal kenyataannya adalah makanan menjijikan seperti cacing, kotoran hewan, darah dan sebagainya yang merupakan makanan sehari-hari makhluk halus seperti wewe gombel.

6. LEAK

leak

Hantu yang satu ini sangatlah terkenal di Bali. Memiliki mata yang besar, lidah yang panjang, bertaring dan menyeramkan adalah sosok yang digambarkan banyak orang tentang leak. Konon leak ini adalah jelmaan manusia yang mempunyai ilmu hitam dan bersekutu dengan setan. Jika siang hari akan berwujud manusia seperti selayaknya tapi jika malam beranjak datang maka degan sendirinya akan berubah menjadi setan. Selain itu leak juga dapat merubah wujudnya menjadi hewan apapun. Mitosnya adalah di malam-malam tertentu leak akan berkeliaran untuk mencari darah manusia. Ada yang mengatakan jika leak juga suka memakan organ-organ manusia yang sudah meninggal dunia untuk mempertebal ilmu hitamnya.

7. JENGLOT

jenglotJenglot merupakan manusia dalam bentuk mumi tapi dengan ukuran kecil yaitu antara 10-17 cm. Wajahnya seperti tengkorak, berambut panjang, memiliki taring dan kuku yang juga panjang, dan mata yang bisa menyala merah. Sementara bagian kaki ada yang berbentuk ular, ada juga yang berbentuk kaki seperti manusia umumnya. Makanan utamanya adalah darah manusia. Menurut ceritanya, jenglot merupakan jelmaan manusia berilmu tinggi yang matinya tidak diterima bumi. Akhirnya jenglot sering dicari orang untuk dijadikan jimat kekebalan tubuh dan sebagainya dan untuk melengkapi ilmu-ilmu hitam lainnya.

8. JELANGKUNG

jelangkung

Sebetulnya jelangkung merupakan nama permainan memanggil arwah dengan menggunakan boneka batok kelapa dan alat tulis. Cara memainkannya harus dengan mantra. Penggalan mantra yang terkenal adalah “Jaelangkung, jaelangset datang tak dijemput, pulang tak diantar” Ritual ini akan berjalan lancar jika syarat-syaratnya dipenuhi seperti satu genggam tanah kuburan, kopi pahit, janjanan pasar 7 rupa, minyak mizik, japaron, rose, kembang setaman, dupa, buhur magribi dan kemenyan. Beberapa kejadian melaporkan, permainan jelangkng seringkali berakhir dengan kesurupan orang-orang yang memainkanya. Biasanya permainan ini dilakukan hanya untuk iseng belaka yaitu untuk menanyakan hal-hal tertentu yang ingin diketahui dari makhluk gaib. Beberapa orang dengan sengaja menggunakannya untuk mencari tahu nomor togel yang akan muncul.

9. SUSTER NGESOT

suster-ngesot

Suster ngesot merupakan hantu yang juga populer di Indonesia terutama setelah diangkat ke layar lebar. Ciri khas dari hantu ini adalah penampilannya seperti layaknya perawat tapi bajunya dipenuhi bercak darah dan berjalan dengan cara ngesot di lantai. Ada cerita yang beredar bahwa asal mula hantu suster ngesot adalah arwah penasaran seorang perawat yang diperkosa dan dibunuh secara sadis oleh seorang dokter jaga di RSCM Jakarta. Arwah tersebut gentayangan dan menuntut balas. Tapi di daerah lain juga beredar cerita yang berbeda mengenai asal-muasal suster ngesot.

10.KUYANG

kuyang-atau-palasik

Kuyang adalah hantu yang sangatlah ditakuti di Kalimantan. Kuyang berbentuk kepala terbang dengan usus dan organ dalam lain terjuntai. Disebutkan bahwa kuyang suka menghisap darah bayi yang baru dilahirkan dan memakan jantungnya. Di daerah lain juga terdapat beberapa sebutan untuk hantu tipe ini. Misalnya di Minangkabau sebutannya adalah palasik. Asal mula kuyang menurut cerita adalah wanita yang mempunyai ilmu hitam dan bersekutu dengan setan dia harus makan organ bayi yang baru dilahirkan dan menghisap darahnya untuk mempertebal ilmu hitamnya.

Itulah 10 hantu menyeramkan yang terkenal di Indonesia. Tentu saja masih banyak nama-nama hantu yang diyakini oleh masyarakat. Sekali lagi, hantu-hantu tersebut hanya jelmaan jin yang ingin menyesatkan pemahaman manusia. Sebagai makhluk yang memperayai adanya Tuhan, hendaknya manusia tetap mendekatkan diri kepadaNya agar terhindar dari berbagai gangguan jin dan syetan.

Budi Gustin

artikel-berkualitas

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Inilah Cara agar Manusia dapat Melihat Makhluk Halus
Inilah Cara agar Manusia dapat Melihat Makhluk Halus

Jin adalah makhluk halus yang tak kasat mata atau tidak…

Ini Cara Gaib Menemukan Barang yang Sudah Hilang
Ini Cara Gaib Menemukan Barang yang Sudah Hilang

Mungkin semua orang pernah mengalami kehilangan barang kesayangan baik itu…

Pernah Melakukan Cara Ini agar Terhindar dari Santet atau Guna-guna?
Pernah Melakukan Cara Ini agar Terhindar dari Santet atau Guna-guna?

Santet adalah ilmu yang sangat populer di Indonesia. Hampir di…