Home  /  Wisata  / 10 Ikon dan Ciri Khas Lampung

10 Ikon dan Ciri Khas Lampung


10 Ikon dan Ciri Khas Lampung

Lampung merupakan daerah yang berada di Pulau Sumatra namun Lampung tidak berprovinsi di Sumatra Selatan melainkan memiliki provinsi sendiri yaitu di Bandar Lampung.

Berikut adalah 10 ikon atau ciri khas Lampung:

1. Menara Siger

siger lampung

Siger adalah lambang dari daerah Lampung. Terletak di atas bukit yang berdekatan dengan Pelabuhan Bakauheni. Jika Anda hendak berkunjung ke Sumatra dengan menempuh perjalanan darat, Anda pasti melalui Pelabuhan Bakauheni dan sebelum kapal yang Anda naiki sandar, Anda akan melihat Menara Siger di atas bukit yang warnanya kuning. Menara Siger ini juga bisa dilihat di tengah malam karena warna menara ini juga cukup cerah dan dihiasi dengan lampu.

2. Pelabuhan Bakauheni

pelabuhan bakauheni

Pelabuhan Bakauheni adalah salah satu gerbang masuk ke Pulau Sumatra. Jika Anda hendak pergi ke Pulau Sumatra dengan menggunakan perjalanan darat, perjalanan Anda akan berhenti di Pelabuhan Merak, Cilegon. Dari Pelabuhan Merak, Anda akan melanjutkan dengan menaiki kapal ferry menuju Pelabuhan Bakauheni. Pelabuhan Bakauheni ini terletak di ujung Lampung yaitu Lampung Selatan.

3. Danau Ranau

danau ranau

Danau Ranau adalah danau terbesar ke 2 di Pulau Sumatra setelah Danau Toba. Danau ini terletak di ujung barat Provinsi Lampung dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Ogan, Provinsi Sumatra Selatan. Danau Ranau sudah menjadi obyek wisata yang mulai diminati oleh masyarakat Lampung dan sekitarnya. Selengkapnya baca artikel seputar Danau Ranau.

4. Taman Nasional Way Kambas

way kambas

Taman nasional Way Kambas adalah tempat pelestarian dan pusat latihan gajah. Di sini gajah-gajah liar dibina dan dilatih agar bisa menjadi gajah sirkus dan gajah tunggangan. Di taman nasional way kambas ini tidak hanya ada gajah saja tapi juga banyak hewan-hewan yang hampir punah dan yang di lindungi oleh pemerintah seperti orang hutan, badak dan banyak lagi. Lebih lengkap silakan baca artikel Taman Nasional Way Kambas.

5. Gajah Lampung

gajah lampung

Jika anda mendengar nama Lampung pasti anda langsung kaitkan dengan gajah,itu karna Lampung sangat identik sekali dengan hewan berbelalai panjang itu seperti halnya dengan negara taiwan yang identik dengan gajah bahkan negara taiwan di juluki dengan negara gajah putih. Itu karna tidak lepas adanya taman nasional way kambas bahkan klub sepak bola Lampung di juluki dengan gajah beringas.

6. Bunderan Gajah

bundaran gajah bandar lampung

Bunderan gajah ini sebenarnya bunderan dengan tugu adipura  kencana dan dikelilingi dengan patung-patung gajah oleh karena itu bunderan ini disebut oleh penduduk setempat bunderan gajah. Bunderan ini terletak di tengah-tengah kota Bandar Lampung dan bunderan ini bukan hanya jadi ikon kota Bandar Lampung tapi juga jadi ikon Provinsi Lampung.

7. Bandara Intan 2

bandara raden intan 2

Bandara raden intan ini adalah pintu masuk Lampung jika menggunakan transpotasi udara. Bandara raden intan 2 ini terletak di Natar Lampung selatan,letak bandara ini kurang lebih 30 km dari kota Bandar Lampung dan bisa di tempuh dengan waktu sekitar 35-45 menit menggunakan kendaraan motor atau mobil.

8. Universitas Lampung (UNILA)

unila

Untuk memajukan pendidikan di Lampung pemerintah setempat mendirikan Universitas Lampung atau yang lebih di kenal dengan nama UNILA. UNILA ini terletak di kota Bandar Lampung dan merupakan universitas favorit di Lampung bahkan di Sumatra. Mahasiswanya bukan hanya dari Lampung atau dari pulau Sumatra saja tapi dari penjuru di Indonesia.

9. Teluk Kiluan

teluk kiluan

Teluk Kiluan adalah salah satu objek wisata yang ada di Lampung. Di Pulau Kiluan ini Anda bisa menyaksikan lumba-lumba di alam bebas dan terkadang lumba-lumba ini juga beraktrasi di lautan lepas yang selama ini Anda hanya bisa lihat di Gelanggang Samudra Ancol. Pulau Kiluan ini sungguh sangatlah indah dan mempesona.

10. Kain Tapis

pakaian adat lampung

Kain Tapis adalah kain khas Lampung. Kain ini biasanya di pakai saat acara adat atau untuk menyambut tamu agung. Kain ini juga diperjualbelikan bagi Anda yang gemar mengoleksi kain khas daerah. Kain ini bisa Anda jadikan koleksi berikutnya. Dan bagi Anda yang bepergian ke Lampung, kain ini juga bisa Anda jadikan oleh-oleh buat kerabat di rumah.

Demikian artikel ini dan semoga bisa memberi informasi lebih tentang Lampung.

Artikel ini ditulis oleh: Budi Gustin

artikel-keren

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Pulau Pisang yang Menawan
Pulau Pisang yang Menawan

Pulau Pisang  adalah pulau cantik yang ada di ujung barat…

Karimunjawa
Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten…

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

Gunung Kerinci andah Gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang.…

Bendungan Batutegi
Bendungan Batutegi

Lampung memiliki banyak sekali objek wisata selain pulau pisang, way…