Home  /  Motivasi  / 5 Hal yang Harus Dilakukan di Masa Muda

5 Hal yang Harus Dilakukan di Masa Muda


5 Hal yang Harus Dilakukan di Masa Muda

Masa muda adalah masa yang sangat menyenangkan untuk dijalani. Tapi masa muda adalah titik awal kehidupan kita untuk menentukan hidup ke depannya. Oleh sebab itu penting sekali melakukan tindakan yang tepat saat muda agar masa depan sesuai dengan harapan. Berikut adalah 5 hal yang harus Anda lakukan di masa muda:

1. Capailah Pendidikan Setinggi Mungkin

Masa muda adalah masa yang tepat untuk belajar dan mencapai pendidikan setinggi mungkin. Kualitas otak seperti misalnya daya ingat yang masih bagus, waktu luang masih banyak, tenaga, kesempatan dan semua faktor yang sangat mendukung. Anda akan bisa fokus belajar dan hanya belajar, berbeda halnya dengan orang tua yang sudah berumah tangga dan menghadapi banyak persoalan hidup. Jika di masa muda disia-siakan tanpa sekolah dan belajar banyak hal, maka dijamin di masa tua akan sangat menyesal.

2. Bergaul

Di masa muda sebaiknya perbanyaklah bergaul. Tapi ingat Anda harus bergaul dengan orang yang tepat. Pergaulan yang salah akan mengantarkan Anda ke tempat yang salah. Sahabatilah dengan orang-orang yang berfikir besar, optimis dan selalu melakukan tindakan positif. Tidak berlebihan jika dikatakan masa depan bisa dilihat dengan cara melihat siapa-siapa saja orang-orang terdekatnya. Jika orang tua dulu memberi nasihat bahwa berteman jangan pilih-pilih, maka sudah saatnya diluruskan menjadi “berteman harus pilih-pilih, sedangkan berbuat baik tidak perlu pilih-pilih.” Dengan prinsip seperti itu maka orang-orang terdekat Anda akan sangat terseleksi.

3. Liburan

Masa muda identik dengan senang-senang dan hura-hura. Apakah Anda boleh melakukannya? Tentu saja boleh, asalkan senang-senang yang bermanfaat. Memangnya ada bersenang-senang yang berguna? Ada, misalnya trevelling. Selain bersenang-senang menghilangkan kepenatan pikiran, dan hura-hura buang uang, Anda juga bisa belajar banyak hal. Anda bisa belajar tentang budaya suatu daerah, alam, lingkungan, fotografi, wawasan tempat dan banyak lagi. Perbanyaklah liburan dan kunjungilah banyak tempat agar pikiran lebih terbuka. Lakukan ekpedisi maksimal selagi muda karena biasanya orang yang sudah berkeluarga cendrung akan lebih sulit mengatur waktu dan berpergian.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Yang dimaksud keluar dari zona nyaman adalah keluar dari kebiasaan anak muda kebanyakan yaitu lebih cenderung mengutamakan main, berkumpul, nongkrong, menghabiskan waktu. Atau anak muda yang cepat puas dengan pekerjaan yang di dapat sehingga tidak mau lagi mencoba pekerjaan lain. Selagi muda tambahlah pengalaman di bidang karir dengan menambah keahlian dan pengetahuan tentang dunia kerja.

5. Perbanyaklah Menabung

Masa muda adalah masa yang menyenangkan dan terkadang membuat lupa tentang kehidupan di masa tua. Melewatkan menabung saat muda adalah sebuah kesalahan. Menyisihkan uang jajan, atau penghasilan selain akan mengumpulkan uang dalam jumlah besar, juga akan melatih Anda menjadi pribadi yang bisa mengelola keuangan dan berhemat.

Jika Anda sudah menjalani 5 hal itu berarti Anda sudah siap untuk menuju hidup selanjutnya.

Artikel ini ditulis oleh: Budi Gustin

artikel-keren

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Kata-kata Mutiara dan Motivasi agar Semangat Melanjutkan Perjalanan Hidup
Kata-kata Mutiara dan Motivasi agar Semangat Melanjutkan Perjalanan Hidup

Kata-kata Mutiara dan Motivasi - Semua orang seharusnya mempunyai tujuan dalam…

Motivasi: 5 Strategi Kesuksesan & Kekayaan
Motivasi: 5 Strategi Kesuksesan & Kekayaan

Sikap positif Sikap adalah satu faktor penentu kesuksesan dalam apapun …

Motivasi: Pencerahan tentang Arti Kaya yang Sebenarnya
Motivasi: Pencerahan tentang Arti Kaya yang Sebenarnya

Kaya adalah relatif. Sebagian orang merasa kaya ketika mempunyai uang…

Motivasi: Kesuksesan, Memaafkan, Menghadapi Hinaan, Memudahkan Hidup
Motivasi: Kesuksesan, Memaafkan, Menghadapi Hinaan, Memudahkan Hidup

Setiap manusia terobsesi dan menginginkan kesuksesan. Sukses sendiri menurut saya…