Home  /  Kesehatan  / Awas, Konsumsi Makanan Ini, Bisa Membuat Anda Cepat Tua

Awas, Konsumsi Makanan Ini, Bisa Membuat Anda Cepat Tua


Awas, Konsumsi Makanan Ini, Bisa Membuat Anda Cepat Tua

Tua jauh-jauh deh. Siapa sih yang mau kelihatan tua? Pasti tak seorangpun yang menginginkannya, apalagi bagi Anda, seorang wanita. Tak jarang, para wanita rela menghabiskan uang jutaan rupiah untuk melakukan perawatan kecantikan. Tak hanya di dalam negeri, bahkan mereka rela ke luar negeri, untuk melakukan perawatan kecantikan. Ya, karna semua ingin tampil cantik, dan jauh dari kata tua. Padahal, tidak harus perawatan yang mahal yang harus selalu di nomer satu kan. Gaya hidup, seperti olahraga yang teratur, makan makanan yang sehat, dan istirahat yang cukup, merupakan cara-cara sederhana agar kita terjauh dari kata tua. Nah, berikut adalah daftar makanan yang perlu Anda waspadai, karna bisa membuat Anda, lebih tua dari umur Anda sekarang :

1. Makanan Manis

permen

Hampir semua orang, menganggap sinar matahari adalah faktor utama penyebab penuaan dini. Padahal, pada kenyataannya, makanan dan minuman yang manis, mempunyai pengaruh lebih besar. Bagi Anda yang suka camilan yang manis-manis, seperti roti, kue, biskuit, permen, atau makanan manis lainnya, ada baiknya mulai sekarang Anda harus mulai menguranginya. Karna bila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis dapat memicu terjadinya glycation. Glycation adalah proses terjadinya molekul gula yang menyatu dengan protein, yang akan menimbulkan senyawa berbahaya bagi tubuh. Selain itu, gula yang berlebihan di dalam tubuh akan menempel pada kolagen. Akibatnya, kulit menjadi kaku, gampang berjerawat, dan rentan dengan infeksi. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis, bila anda ingin terlihat muda lebih lama.

2. Alkohol

Alkohol

Alkohol memang memiliki manfaat bagi tubuh, seperti mengurangi tekanan darah, meminimalisir terjadinya stroke, dan dapat meningkatkan kualitas tidur, bagi Anda penderita insomnia. Dengan catatan, konsumsi alkohol tidak melebihi dari satu gelas. Namun bila alkohol tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh kita. Bila alkohol dikonsumsi secara berlebihan, akan membuat kulit kita menjadi memerah. Konsumsi alkohol secara berlebih juga akan mengurangi cadangan vitamin A dan C. Selain itu, ginjal juga akan mengalami kesulitan untuk membuang racun dalam tubuh, dan akibatnya adalah racun tersebut akan menumpuk didalam tubuh, dan kulit akan menjadi kering, gampang berjerawat, dan keriput. Nah, mulai sekarang, batasi jumlah konsumsi alkohol, bila Anda ingin jauh dari kata tua.

3. Minuman Bersoda

minuman-soda

Minum minuman bersoda saat cuaca terik, memang memberikan kesegaran yang berbeda. Tapi tahukah Anda? Jika Anda meminum seteguk saja minuman bersoda, itu sama artinya dengan Anda mengkonsumsi sepuluh sendok gula, yang menyebabkan obesitas, dan perut jadi membuncit. Kandungan natrium yang terdapat dalam minuman bersoda, dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Minuman bersoda juga mengandung fosfat, yang membuat tulang menjadi rapuh dan menyebabkan osteoporosis lebih cepat menghampiri kita. Selain itu, kandungan asam yang terdapat dalam minuman bersoda akan membuat kulit kita menjadi keriput dan menyababkan penuaan dini. Zat tambahan yang terkandung dalam minuman bersoda seperti zat pewarna, zat perasa manis atau buah, kafein, dan zat pengawet, sama sekali tidak memberikan efek positif bagi tubuh kita, bahkan malah sebaliknya, tidak ada manfaatnya sama sekali dan hanya membuat tubuh kita menjadi kecanduan.

4. Makann Pedas

makanan-pedas

Indonesia memiliki berbagai macam wisata kuliner yang khas, disetiap daerah. Termasuk makanan yang pedas. Bagi Anda yang hobi menyantap makanan pedas, sebaiknya Anda harus waspada. Pasalnya, makanan pedas, atau identik dengan cabai, ternyata memiliki efek yang buruk bagi kesehatan Anda. Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, dapat meningkatkan asam lambung dan memicu terjadinya maag. Terlalu banyak mengkonsumsi  makanan pedas juga akan menimbulkan iritasi pada pencernaan, dan akibatnya Anda akan sakit perut. Makanan pedas akan memicu naik nya suhu tubuh menjadi panas, dan berkeringat. Dengan berkeringat, pori-pori kulit kita akan membesar. Akibatnya, akan banyak debu dan kotoran yang akan terperangkap, dan ahirnya terjadi penyumbatan yang pada ahirnya akan menimbulkan komedo, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Nah, bagi Anda yang suka dengan makanan pedas, mulai sekarang, kontrollah pola makan Anda, agar tetap sehat.

Itulah beberapa makanan yang dapat menjadikan Anda cepat tua. Pada intinya, sebenarnya bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan-makanan itu. Akan tetapi, kita harus pandai-pandai memilih asupan makanan bagi tubuh kita. Kita boleh mencoba berbagai makanan yang kita sukai. Dengan catatan, harus dalam porsi sewajarnya, dan tidak berlebihan. Sehat ada di tangan Anda.

Artikel ini ditulis oleh: Nim

artikel-keren

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Inilah Makanan Super Pengganti Obat Kuat
Inilah Makanan Super Pengganti Obat Kuat

Obat kuat adalah solusi instan untuk perkasa dalam hitungan jam…

Obat kuat
Obat kuat

Obat kuat adalah istilah yang berlaku di masyarakat untuk menamakan…

Tips Seputar ASI dan IMD
Tips Seputar ASI dan IMD

Pengertian IMD IMD (inisiasi menyusui dini) adalah bayi mulai menyusu…

Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Osteoporosis
Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Osteoporosis

Osteoporosis adalah penurunan kualitas jaringan tulang yang menyebabkan hilangnya kepadatan…