Home  /  Wisata  / Bendungan Batutegi

Bendungan Batutegi


Bendungan Batutegi

Lampung memiliki banyak sekali objek wisata selain pulau pisang, way kambas dan yang lainnya, kali ini kita akan bahas tetang bendungan Batutegi.

Bendungan Batutegi terletak di Tanggamus provinsi Lampung dan bendungang ini terbesar di Indonesia maupun di Asia Tenggara. Tinggi bendungan ini 113m panjang 690m dan lebar 5m. Bendungan ini adalah salah satu dari 3 (tiga) bendungan yang ada di lampung yaitu bendungan way rarem dan bendungan tirta shinta dan 2 bendungan itu terletak di kota bumi lampung utara.

Bendungan Batutegi ini menampung air dari 2 sungai besar yaitu sungai sekampung dan sungai seputih dan mengaliri 5 sawah dari kabupaten yang berbeda-beda. Pembangunan bendungan ini memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 9 tahunan, di mulai dari tahun 1995. Pembangunan  bendungan ini memakan anggaran uang APBD pemerintah pusat dan uang pinjaman dari Japan Bank for Internasional Coopperation.

Pembangunan bendungan Batutegi ini menggunakan 3 jasa konsultan yang berbeda baik dalam negeri maupun luar negeri yang pertama ada PRC engineering dari Amerika, yang ke 2 ada sinotech dari Taiwan dan yang terakhir ada kadenus yang mewakili konsultan dalam negeri. Bendungan ini di priotaskan menjadi pembakit listrik untuk mensuplai listrik di provinsi Lampung

Dan pada tahun 1998 tepatnya tanggal 9 November 1998  bendungan ini memakan korban jiwa sebanyak 13 orang. Mereka meninggal saat  pembangunan terowongan pembuangan air yang sangatlah besar berdiameter puluhan meter dan panjang ratusan meter. Mereka tertimpa mesin cor semen yang beratnya ratusan ton. Dan untuk mengenang jasa mereka pemerintah mendirikan monumen dan di monumein itu tertulis nama nama korban yang meninggal dan monumen itu berada di ujung bendungan.

Dan pada 2004 tepatnya pada tanggal 8 maret 2004 bendungan ini di resmikan oleh presiden Indonesia yang ke 4 yaitu ibu Megawati Soekarno Putri, peresmian itu menandai selesainya pembangunan bendungan Batutegi.

Selain berfungsi sebagai pembangkit listrik dan mengaliri sawah, bendungan ini juga berfungsi sebagai pemasok air baku untuk air minum. Kota Beranti, Bandar Lampung dan Metro sangat mengandalkan pasokan air dari bendungan ini. Bendungan Batutegi ini sekarang menjadi objek wisata dan mulai diburu oleh wisatawan baik wisatawan dari Lampung maupun dari luar Lampung. Pemandangan yang indah dan suasana alami menjadi daya tariknya. Udara masih sangat sejuk dan bersih sehingga dapat menghilangkan kepenatan selama beraktifitas di kota.

Bendungan Batutegi ini bisa dibilang cukup megah karena meyatukan 2 bukit, dan sudah diakui merupakan bendungan terbesar di Asia Tenggara. Jika Anda hobi mancing Anda juga bisa memancing di bendungan ini. Ikannya besar-besar seperti ikan patin, mujair dan masih banyak lagi. Jika Anda beruntung mendapatkan ikan Anda bisa membawa pulang ikan tersebut untuk dimasak di rumah, tapi jika Anda tidak beruntung juga tidak perlu khawatir karena di sekitar bendungan banyak penjual ikan segar yang bisa Anda beli secara langsung.

Bendungan Batutegi ini letaknya tidak jauh dari kota Bandar Lampung. Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat maka Anda akan sampai di bendungan yang luar biasa ini. Akses jalan menuju bendungan Batutegi sangatlah bagus tidak berlubang. Selama perjalanan Anda akan disajikan keindahan alam Lampung yang masih alami.

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Mitos Paling Terkenal di Danau Toba dan Pulau Samosir
Mitos Paling Terkenal di Danau Toba dan Pulau Samosir

Mitos atau kepercayaan masyarakat suatu daerah sebetulnya adalah salah satu…

Wisata Gigi Hiu
Wisata Gigi Hiu

Lampung memiliki banyak sekali objek wisata yang layak untuk Anda kunjungi…

Wisata Pantai Sari Ringgung
Wisata Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung adalah salah satu wisata Lampung yang sedang…

Karimunjawa
Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten…