Home  /  Kesehatan  / Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )


Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )

Nyamuk adalah salah satu serangga yang paling banyak dibenci manusia. Selain karena suaranya yang bising dan mengganggu tidur, gigitanya juga membuat kulit menjadi gatal dan bentol. Lalu yang paling menyebalkan adalah nyamuk juga dapat membawa atau menularkan penyakit. Misalnya nyamuk malaria dan aedes aegypti bisa menularkan penyakit malaria dan demam berdarah. Bahkan penyakit chikungunya juga salah satu penyakit yang biang keladinya adalah nyamuk.

Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh, dia menempelkan mulutnya (probosis) lalu menggerakanya maju-mundur (persis seperti dokter yang sedang melakukan pembedahan) sampai kulit menjadi robek. Mulutnya yang berbentuk sedotan tersebut yang akan menghisap darah. Kemudian nyamuk akan mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan yang sebenarnya berfungsi untuk mencegah darah yang sudah dihisapnya membeku. Air liur yang tertinggal di kulit korban tersebut yang akan membuat gantal bahkan bentol-bentol.

Untuk menekan populasi nyamuk, Anda bisa mulai membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal. Bersihkan dinding dari pakaian yang menggantung, hilangkan tupukan barang-barang bekas tidak terpakai, sampah, dan yang paling penting hilangkan air menggenang yang tidak diperlukan. Jika air menggenang tersebut dibutuhkan misalnya air di kamar mandi, sebaiknya di tutup atau dibersihkan secara rutin.

Berikut adalah beberapa cara yang biasa digunakan manusia untuk mengusir nyamuk.

1# Anti Nyamuk Menurut Mitos

Konon nyamuk takut dengan warna orange atau kuning menyala oleh sebab itu gantungkanlah tirai atau kain berwarna orange di dalam ruangan. Selain kain, Anda juga bisa membuatnya dari bahan kertas plastik lalu letakan pada lampu ruangan seperti lampion. Nyamuk juga tidak betah dengan udara yang bergerak, oleh sebab itu sirkulasi udara yang lancar dalam suatu ruangan sangat diperlukan. Sedangkan untuk keadaan darurat atau sementara, Anda bisa memasang kipas angin untuk sekedar menghalau nyamuk datang mendekati Anda.

2# Anti Nyamuk Teknologi

Di zaman serba cangih ini, untuk mengusir nyamuk juga bisa menggunakan suara MP3 bahkan bisa juga menggunakan software pengusir nyamuk yang dapat dipasang di komputer dan gadget. Cara kerjanya adalah software akan mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu dan hanya bisa di dengar oleh nyamuk atau serangga selevelnya. Oleh sebab itu nyamuk akan kabur dan menjauh.

Raket listrik untuk nyamuk juga merupakan terobosan baru dalam memerangi nyamuk. Raket ini sama persis bentuknya seperti raket bulu tangkis hanya saja jika tombol sakelar ditekan on pada bagian pegangan, maka listrik akan mengalir pada senar-senar raketnya yang terbuat dari kawat besi. Cukup dilayangan ke udara yang terdapat nyamuk, maka akan terdengar letusan-letusan dari nyamuk yang menempel di area senar, sampai akhirnya nyamuk-nyamuk akan gosong karena terkena sengatan listrik.

3# Obat Anti Nyamuk Warung

Produk obat anti nyamuk saat ini bisa didapatkan dengan mudah di warung atau toko-toko terdekat. Dari mulai anti nyamuk dalam bentuk lotion, obat nyamuk bakar, cairan semprot  bahkan yang terbaru adalah anti nyamuk elektrik menggunakan listrik. Sayangnya beberapa anti nyamuk warung ini tidak aman bagi kesehatan jangka panjang manusia karena berbentuk racun.

Misalnya lotion yang dioles dikulit, seringkali orang lupa telah menggunakan lotion lalu menyentuh makanan tanpa mencuci tangan dan memasukannya ke dalam mulut. Bahkan minimnya pengetahuan, banyak diantara mereka yang santai dan tidak mengetahui bahaya tersebut. Lotion anti nyamuk yang mengandung bahan kimia seperti DEET (diethyl-meta-toluamide) tentu akan sangat berbahaya untuk tubuh manusia.

Obat nyamuk bakar atau semprot juga demikian, asap atau aroma bahan-bahan kimia yang ditimbulkan juga sangat berbahanya bagi kesehatan organ pernafasan manusia. Hal ini sering diabaikan banyak orang, bahkan di Indonesia cara membasmi nyamuk menggunakan obat nyamuk semacam ini sangat populer dan diminati. Padahal efek racun yang ditimbulkan oleh bahan kimia dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan gangguan reproduksi, mutasi materi genetik, dan gangguan sistem saraf pusat.

4# Ramuan Anti nyamuk tradisional

Buatlah campuran 100 ml ( 1/2 gelas ) air dengan minyak kayu putih asli lalu semprotkan  ke ruangan yang terdapat nyamuk dan ingin Anda hilangkan. Anda juga bisa membuat ramuan campuran minak lavender dengan ragi. Minyak lavender bisa di dapatkan di toko obat, lalu tambahkan 10% air dan ragi secukupnya. Untuk cara penggunaannya silakan letakan pada wadah terbuka dan taruh di ruangan yang banyak nyamuknya.

Jika sudah terbiasa menggunakan obat nyamuk bakar, tapi Anda sedang tidak memungkinkan membeli obat nyamuk bakar ke warung, alternatifnya bisa menggunakan bunga sukun. Carilah bunga sukun yang kering dan tua. Biasanya yang sudah jatuh ke tanah. Lalu bakar bunga sukun tersebut seperti halnya membakar obat nyamuk bakar pada umumnya, kemudian tunggu hingga bunga sukun tersebut mengeluarkan asap. Nah asap yang keluar dari bunga sukun itulah yang bisa kita pergunakan buat mengusir nyamuk. Oleh karena asap yang dihasilkan lumayan banyak, maka sebaiknya dipergunakan untuk mengusir nyamuk di luar ruangan.

Sedangkan untuk membuat anti nyamuk lotion, Anda bisa mencoba larutkan Vitamin B2 dan Vitamin C menggunakan air, lalu oleskan ke tangan, dan bagian tubuh lain. Atau Anda cukup mengoleskan minyak sereh, nyamuk juga tidak akan mendekat. Sedangka jika Anda sedang berada di kebun atau hutan, gunakanlah daun kemangi. Cara menggunakannya adalah ambil beberapa tangkai daun kemangi tersebut kemudian oleskan di sekitar tubuh anda sehingga menghasilkan aroma khasnya.

Sedangkan orang papua menggnakan daun zodia saat akan masuk utan. Zodia memiliki dua zat yang dapat membuat nyamuk kabur, yaitu Evodiamine dan Rutaecarpine. Untuk merasakan manfaatnya, Zodia bisa ditanam di ruang yang banyak tertiup angin agar aromanya tercium dan mengusir nyamuk, sehingga jadi obat pengusir anti nyamuk alami.

Sedikit tambahan, air kolam atau air menggenang biasanya menjadi tempat favorit nyamuk berkembang biak. Jika Anda mempunyai kolam yang besar sebaiknya tanamlah atau biarkan bunga teratai tumbuh di permukaannya. Bunga teratai dipercaya daat mencegah nyamuk serta larvanya berkembang biak. 

5# Perangkap Nyamuk

Nyamuk mengetahui keberadaan manusia untuk dijadikan target penghisapan darah adalah salah satunya karena manusia mengeluarkan CO2 saat bernafas. Menurut penelitian yang dilakukan Science daily pada tahun 2011 nyamuk betina cenderung mengikuti udara yang menyebarkan CO2. Dari fakta tersebut kita dapat bereksperimen membuat perangkap agar nyamuk dapat tertangkap.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:

  • Botol plastik bekas minuman mineral ukuran 1.5 liter atau lebih
  • Isolasi/ lakban
  • Plastik atau kertas berarna hitam
  • Pisau pemotong
  • Air panas sebanyak 200 ml
  • Gula merah 50 gr
  • Ragi bubuk 1 gr

Cara Membuatnya:

Ambilah botol bekas yang sudah disiapkan tadi kemudian potong menjadi dua bagian. Larutkan 50 gr gula merah pada air yang sudah dipanaskan sebanyak sekitar 200 ml lalu diamkan sampai suhu cairan gula ini dingin. Tuangkan cairan gula ini ke dalam potongan botol tadi. Selanjutnya tambahkan ragi bubuk aktif sebanyak 1 gr di bagian atas cairan tersebut tanpa di aduk, biarkan begitu saja.

Tutup botol tersebut dengan potongan botol bagian atas tadi dengan posisi bagian kerucut menghadap bawah. Lalu solasi pada bagian sambungan. Kemudian lapisi botol dengan plastik atau kertas berwarna hitam untuk mengelabuhi nyamuk. Sedangkan untuk menghindari datangnya semut, letakkan botol berisi jebakan tersebut di atas wadah yang dikelilingi air.
perangkap nyamukArtikel ini ditulis oleh: Riyan Putra

artikel-berkualitas

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Inilah Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa
Inilah Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa

Saat cuaca panas dan terik, apa yang Anda bayangkan? Dari…

Tips Seputar ASI dan IMD
Tips Seputar ASI dan IMD

Pengertian IMD IMD (inisiasi menyusui dini) adalah bayi mulai menyusu…

Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Osteoporosis
Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Osteoporosis

Osteoporosis adalah penurunan kualitas jaringan tulang yang menyebabkan hilangnya kepadatan…

Awas, Konsumsi Makanan Ini, Bisa Membuat Anda Cepat Tua
Awas, Konsumsi Makanan Ini, Bisa Membuat Anda Cepat Tua

Tua jauh-jauh deh. Siapa sih yang mau kelihatan tua? Pasti…