Home  /  Kesehatan  / Dampak Positif dan Negatif Cokelat untuk Kesehatan

Dampak Positif dan Negatif Cokelat untuk Kesehatan


Dampak Positif dan Negatif Cokelat untuk Kesehatan

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata cokelat? Hampir semua orang, dari mulai anak-anak, hingga orang dewasa menyukai makanan yang satu ini. Rasanya yang manis, dan aromanya yang menggoda, membuat siapa saja tidak tahan untuk memakannya.

Makanan yang satu ini, bisa diolah menjadi berbagai jenis panganan yang menarik dan lezat. Mulai dari puding cokelat, kue cokelat, permen cokelat, dan masih banyak lagi berbagai jenis makanan yang mengandung cokelat. Tahukah Anda, ternyata coklat yang biasa Anda makan itu, memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh?

Dampak positif mengkonsumsi cokelat

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit serius yang sangat ditakuti oleh manusia modern karena merupakan pembunuh nomor satu dunia versi WHO. Cokelat mengandung fitonutrien yang akan membuat sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih baik, dan itu berarti akan menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Rutin mengonsumsi cokelat 2X seminggu, juga akan membuat Anda 3X lebih kecil terkena serangan jantung. Nah, tunggu apalagi, ayo makan cokelat sekarang juga, agar terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan keadaan meningkatnya tekanan darah di arteri sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah. Beberapa penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan dari hipertensi yang berlanjut adalah stroke, serangan jantung, ginjal kronik, dan lain-lain. Menjaga pola makan dan memperbaiki gaya hidup adalah solusi untuk mengatasi hipertensi. Flavonoid yang terkandung dalam cokelat bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah. Sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah, dan tekanan darah Anda akan normal kembali.

3. Anti Depresan

Cokelat dipercaya dapat mengatasi  perasaan tidak nyaman seperti gelisah, galau, atau marah. Kandungan serotonin dalam cokelat berfungsi sebagai anti depresan alami. Sehingga siapapun yang mengkonsumsi cokelat akan merasa tenang dan nyaman. Wanita seringkali saat datang bulan mengalami emosi yang tidak stabil, oleh sebab itu tak heran jika cokelat menjadi salah satu sahabat terbaik wanita.

4. Menunda Penuaan Dini

Bagi sebagian besar kaum hawa, penuaan dini merupakan musuh yang paling menakutkan. Oleh sebab itu mereka rela melakukan apapun agar tampak selalu awet muda dan cantik. Cokelat ternyata bisa menjadi salah satu solusinya. Cokelat mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang ada disekitar kita seperti debu, polusi, asap rokok, atau kendaraan dan lain sebagainya yang sangat berbahaya. Dengan mengonsumsi coklat secara teratur dan tidak berlebihan, bisa menghambat kerutan prematur pada kulit Anda.

5. Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk manusia oleh sebab itu ada ungkpan yang mengatakan bahwa mata adalah jendela dunia. Kesehatan mata biasanya akan menurun seiring bertambahnya usia dan banyaknya aktivitas berbahaya yang langsung berhubungan dengan mata. Suka atau tidak suka, kesehatan mata yang terganggu tentu akan menurunkan produktifitas seseorang. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi cokelat. Mengonsumsi cokelat secara teratur akan memperlancar aliran darah menuju retina sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

6. Mengurangi Resiko Kanker

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa cokelat mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan. Antioksidan, selain bermanfaat bagi kulit, juga akan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Protein tertentu dalam tubuh akan menonaktifkan bagian-bagian tertentu yang menghasilkan sel-sel tumor yang memicu tumbuhnya kanker.

7. Anti Inflamasi

Cokelat bermanfaat untuk menghilangkan peradangan yang disebabkan karna mikroorganisme ( noninfeksi ). Bagi Anda yang terkadang mengalami migrain, makan sepotong cokelat bisa menjadi solusi.

Dampak negatif mengkonsumsi cokelat

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat cokelat bagi kesehatan, jangan langsung mengonsumsi cokelat sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut ya. Berapa dosis yang pas, agar mendapatkan manfaat cokelat secara optimal?

Berdasarkan penelitian, konsumsi 6,7 gram cokelat perhari, selama 2 atau 3 kali dalam seminggu, akan memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan tubuh Anda. Dengan catatan, pilihlah jenis dark cokelat yang tidak mengandung berbagai macam campuran, agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Selain berbagai manfaat bagi kesehatan tersebut, cokelat juga memberikan dampak yang negatif bagi tubuh, bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Berbagai macam bahan-bahan tambahan yang terkandung dalam cokelat yang tinggi kalori, dapat menyebabkan kegemukan. Susu, kacang-kacangan, dan gula, merupakan contoh bahan tambahan dalam cokelat. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, bukan tidak mungkin, akan menyumbangkan kegemukan bagi tubuh Anda. Tapi sebenarnya, pola makan dan gaya hiduplah yang lebih berperan. Jadi, penting untuk mengatur pola makan, dan olahraga yang teratur, agar Anda bisa tetap makan cokelat, tanpa pusing dengan masalah berat badan Anda.

Kebanyakan orang, menganggap kopi merupakan minuman yang memiliki kadar kafein tinggi. Padahal, bukan cuma kopi, ternyata cokelat juga mengandung kafein yang cukup tinggi juga. Biji cokelat yang belum di olah, biasanya mengandung kafein yang cukup tinggi. Kafein tidak hanya akan membuat Anda menderita penyakit insomnia ( sulit tidur ). Tetapi konsumsi kafein secara berlebihan, dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Kafein yang berlebihan dalam lambung, bisa membuat Anda mual-mual, lambung menjadi luka, dan yang lebih parah lagi adalah dapat menumbuhkan sel kanker lambung. Dan bagi Anda, ibu hamil, sebaiknya jangan konsumsi kafein, karna akan menganggu pertumbuhan janin Anda.

Prinsip mudah yang perlu Anda terapkan adalah, Anda boleh mengonsumsi cokelat, atau makanan apa saja yang Anda sukai asalkan dalam porsi dan takaran yang pas dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga, imbangi dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup. Dengan demikian, Anda akan terbebas dari berbagai gangguan kesehatan.

Artikel ini ditulis oleh: Nim

artikel-berkualitas

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Awas, Konsumsi Makanan Ini, Bisa Membuat Anda Cepat Tua
Awas, Konsumsi Makanan Ini, Bisa Membuat Anda Cepat Tua

Tua jauh-jauh deh. Siapa sih yang mau kelihatan tua? Pasti…

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )
Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )

Nyamuk adalah salah satu serangga yang paling banyak dibenci manusia.…

Tips Seputar ASI dan IMD
Tips Seputar ASI dan IMD

Pengertian IMD IMD (inisiasi menyusui dini) adalah bayi mulai menyusu…

Inilah Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa
Inilah Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa

Saat cuaca panas dan terik, apa yang Anda bayangkan? Dari…