Home  /  Wisata  / Gunung Kerinci

Gunung Kerinci


Gunung Kerinci

Gunung Kerinci andah Gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang. Memiliki bentuk kerucut dengan ketinggian 3.805 mdlp merupakan gunung berapi tertinggi di pulau Sumatra. Gunung ini berada di provinsi Jambi dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan habitat bagi Badak Sumatra dan Harimau Sumatra.

Gunung Kerinci memiliki kawah yang berisi air berwana hijau dengan luas 400×120 m. Fenomena ini sangat indah dan menarik perhatian para pendaki. Selain itu, dari puncak gunung, para pendaki bisa melihat pemandangan kota-kota yang ada di pulau Sumatra seperti kota Jambi, Bengkulu, Padang bahkan juga bisa melihat indahnya samudra Hindia dengan sangat jelas.

Di sebelah timur juga terdapat sebuah danau bernama danau Bento. Gunung Kerinci ini merupakan gunung berapi yang bertipe Stratovolcane dan terakhir meletus pada tahun 2009.

Jalur Pendakian Gunung Kerinci

Jika Anda hendak mendaki Gunung Kerinci, Anda bisa dari kota Jambi. Waktu yang ada butuhkan untuk sampai ke puncak Gunung kerinci adalah 2 hari. Dari kota Jambi Anda langsung menuju ke Pos Kersik Tou yang berada di Desa Kersik Tou, Kecamatan Kayu Aro. Pos Kersik Tou ini berada pada ke tinggian 1.400mdpl dan di desa ini penduduknya mayoritas merupakan suku Jawa yang ikut Imigrasi ke Jambi.

Dari Pos Kersik Tou, Anda menuju ke Pos berikutnya yaitu Pos Penjagaan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblak) atau sering juga di sebut Pos R10. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Pos ini sekitar 45 menit berjalan kaki. Pos R10 ini berada pada ketinggian 1.611mdpl. Medan yang akan dilalui untuk sampai ke Pos R10 ini Perkebunan Teh. Pos ini berfungsi untuk mengawasi pengunjung yang ingin mendaki Gunung Kerinci. Di Pos ini juga barang bawaan Anda akan di periksa oleh Petugas setempat.

Dari Pos R10 lalu Anda menuju Pintu Rimba dengan jarak 2 km dan waktu yang diperlukan sekitar 1 jam perjalanan. Medan yang akan Anda lalui adalah perkebunan warga dengan jalan yang sangat bagus (aspal) sampai di perbatasan Hutan. Pintu Rimba ini berada pada ke tinggian 1.800 mdpl. Pintu Rimba ini adalah Gerbang masuk untuk menuju puncak Gunung Kerinci.

Dari Pintu Rimba lalu anda lanjutkan perjalanan menuju Pos Bangku Panjang. Pos ini berada pada ke tinggian 1.909 mdlp. Di Pos ini terdapat 2 buah Shelter yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat sebelum melanjutkan ke Pos berikutnya.

Dari Pos Bangku Panjang lalu dilanjutkan menuju Pos berikutnya yaitu Pos Batu Lumut dengan jarak sekitar 2 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Pos Batu Lumut ini berada pada ketinggian 2.000 mdlp. Di Pos ini terdapat Sungai yang terkadang kering jika musim kemarau datang.

Setelah di Pos Batu Lumut perjalanan anda di lanjutkan menuju Pos 1 (satu). Waktu yang Anda butuhkan sekitar 1,5 jam dengan jarak kurang lebih 2 km. Jalan untuk menuju Pos 1 sangatlah sulit karena melewati Hutan Belantara dengan kondisi jalan dengan kemiringan sekitar 45-60 Derajat. Pos Satu ini berada pada ketinggian 2.225 mdlp.

Dari Pos Satu ini Anda menuju Pos berikutnya yaitu Pos 2 (dua). Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pos 2 ini kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 3 km. Di pos 2 ini pendaki biasanya beristirahat untuk melepas lelah. Pos 2 ini berada pada ke tinggian 2.510 mdlp.

Pos berikutnya adalah Pos 3 (tiga). Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Pos 3 sekitar 2-3 jam. Dengan jarak sekitar 2km. Pos 3 ini berada pada ketinggian 3.073 mdlp. Selama perjalanan menuju Pos 3 Anda akan menjumpai Tanaman Paku Pakuan. Di ini juga terdapat bekas bangunan yang sudah rusak dan tinggal kerangkanya. Bagunan ini biasanya di jadikan tempat beristirahat bagi pendaki.

Pos 4 adalah Pos terakhir. Berada pada ketinggian 3.351 mdlp. Waktu yang diperlukan untuk sampai di Pos 4 ini sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 1,5 km. Jalurnya juga lumayan Ekstrim. Di pos 4 ini sebaiknya Anda beristirahat dan mendirikan tenda untuk mengumpulkan tenaga yang sudah terkuras habis selama perjalanan. Karna setelah dari Pos 4 ini medan yang akan dilalui untuk sampai ke puncak gunung sangat terjal dan membahayakan jika anda kurang fit atau kurang bugar.

Untuk bisa sampai ke puncak gunung Kerinci waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 2 km. Medan yang akan Anda lalui berupa pasir dan batu-batuan. Di medan ini sebaiknya pendaki sangat ektra hati-hati. Setelah sampai di puncak maka rasa lelah selama pendakian akan terbayar lunas dengan menyaksikan indahnya pemandangan dari Puncak Gunung Kerinci.

Mitos Gunung Kerinci

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, di Gunung Kerinci ini terdapat mahluk kerdil yang menyerupai manusia kera. Mahluk itu dikenal dengan nama Uhang Pandah atau Orang Pendek. Mahluk itu memiliki tinggi sekitar 85-130 cm dan badannya di penuhi dengan bulu. Ada juga yang mengatakan bahwa mahluk ini membawa perlengkapan berburu seperti tombak dan panah. Mahluk itu dipercaya berkeliaran di sekitar Gunung Kerinci dan sudah banyak warga yang pernah melihatnya. Namun sampai detik ini Uhang Pandah hanya menjadi sebuah misteri yang belum terungkap.

Artikel ini ditulis oleh: Budi Gustin

artikel-keren

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Pesona Danau Ranau
Pesona Danau Ranau

Danau Ranau terletak di perbatesan Lampung Barat Provinsi Lampung dan…

10 Ikon dan Ciri Khas Lampung
10 Ikon dan Ciri Khas Lampung

Lampung merupakan daerah yang berada di Pulau Sumatra namun Lampung tidak…

Wisata Gigi Hiu
Wisata Gigi Hiu

Lampung memiliki banyak sekali objek wisata yang layak untuk Anda kunjungi…

Wisata Taman Nasional Way Kambas
Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat pelestarian gajah-gajah yang terletak…