Home  /  Kesehatan  / Inilah Manfaat Susu yang Luar Biasa

Inilah Manfaat Susu yang Luar Biasa


Inilah Manfaat Susu yang Luar Biasa

Susu merupakan minuman sehat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Mengkonsumsi susu setiap hari secara teratur sangat disarankan terutama untuk anak dalam masa pertumbuhan. Diperlukan kesadaran orang tua untuk menanamkan kebiasaan minum susu pada putra dan putri mereka sejak dini demi kesehatan jangka panjang.

Jika alasan tidak menkonsumsi susu adalah karena harga susu mahal, maka harus dipikir ulang, sebetulnya ada banyak barang atau produk tanpa manfaat sama sekali tetap dibeli, misalnya rokok.  Cobalah alokasikan uang rokok tersebut untuk membeli susu.

Meskipun rasa susu umumnya manis dan enak, tapi masih banyak orang yang tidak suka mengkonsumsi susu. Bahkan ada dari sebagian orang yang akan merasa mual dan muntah saat minum susu. Biasanya hal ini terjadi untuk orang yang menderita intoleransi laktosa. Solusinya adalah dengan membeli susu tanpa kadungan laktosa yang sudah banyak beredar di pasaran. Selain itu juga dapat mengkonsumsi makanan hasil olahan susu lainnya seperti es krim, yoghurt, keju dan sebagainya.

Macam-macam susu

Susu Pasteurisasi (pasteurized)

Susu pasteurisasi adalah jenis susu terbaik untuk dikonsumsi menurut dokter ahli gizi. Sayangnya susu ini kurang populer di masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah karena harganya yang mahal. Susu dalam bentuk cair ini melalui proses pasteurisasi pada suhu 65°-80°C selama 15 detik untuk membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit. Susu ini lalu didinginkan pada suhu 10°C dan dikemas dalam botol atau karton steril. Krim susu akan terpisah dan terkumpul di permukaan. Susu Pasteur ini hanya tahan beberapa hari dalam lemari es.

Susu UHT (Ultra High Temperature)

Dibuat dari susu cair yang dipanaskan dengan suhu ± 137°- 140° C selama 2 detik. Susu ini dikemas menggunakan karton khusus yang kedap udara. Kelebihannya adalah praktis, dan tahan lama sampai hitungan bulan tanpa disimpan dalam lemari es asalkan kemasan tidak rusak atau bolong. Susu UHT bisa digunakan sebagai alternatif jika tidak bisa mendapatkan susu pasteurisasi. Harga susu UHT relatif lebih murah dengan kualitas lebih baik dibandingkan susu bubuk. Rasa susu UHT mirip susu homogen. Ada berbagai pilihan rasa, jika untuk campuran membuat kue pakailah yang tawar.

Susu Bubuk (Susu Kering)

Susu bubuk merupakan susu segar yang dikeringkan menjadi serbuk yang kering. Ada yang penuh kandungan lemak (full cream), dibuang sebagian lemaknya (low fat) atau yang tanpa lemak (skim/non fat). Dibandingkan susu cair susu bubuk dapat bertahan lama tapi kualitasnya dibawah susu UHT tapi lebih baik dari pada susu kental manis. Susu bubuk cocok digunakan untuk bekal naik gunung, atau kegiatan yang membutuhkan stok makanan bergizi yang dapat bertahan lama tanpa kulkas. Bahkan susu bubuk adalah makan yang selalu ada setiap kali PBB meyumbangkan bahan pangan pada korban bencana alam dan pengungsi.

Susu Kental Manis (condensed milk)

Susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula, sehingga menghasilkan adonan yang kental dan sangat manis. Susu tipe ini biasanya dikemas dalam kaleng dan shachet dan dapat bertahan selama satu tahun jika kemasannya tidak rusak. Kandungan gizinya yang tidak seimbang lebih banyak lemaknya sehingga tidak cocok dikonsumsi anak dalam masa pertumbuhan. Bahkan beberapa dokter gizi secara terbuka menyarankan agar jangan sekali-kali mengkonsumsi susu kental manis dalam jangka waktu yang lama. Susu kental manis bisa disebut bukan susu. Alih-alih mendapatkan manfaat susu bisa-bisa malah mendapat penyakit akibat tumpukan lemak dan gula. Susu kental manis lebih tepat digunakan untuk penambah cita rasa atau pelengkap makanan misalnya untuk topping kue atau puding, campuran es buah, martabak manis, pancake dan sebagainya.

Manfaat susu

1# Kesehatan tulang

Susu mengandung kalsium yang tinggi dan vitamin D sehingga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Minum susu secara teratur dari usia dini akan membuat tulang tumbuh dengan sangat baik dan tetap kuat, terhindar dari penyakit osteporosis saat usia tua datang. Kebiasaan minum susu yang dikombinasikan dengan olahraga yang rutin maka akan memberikan manfaat yang tidak terkira untuk kesehatan tulang Anda. Anak kecil yang mengkonsusmsi susu secara cukup akan mengalami pertumbuhan tulang lebih baik (postur tubuh akan lebih tinggi) dibandigkan yang tidak mengkonsumsi susu. Sedangkan kebiasaan minum susu saat dewasa sampai tua akan membuat tulang menjadi kuat dan terhindar dari berbagai penyakit tulang.

2# Kesehatan gigi

Kalsium pada susu juga akan memperkuat gigi sehingga tidak mudah keropos dan berlubang. Selain itu susu juga mampu merangsang air liur dan mengurangi keasaman mulut.

3# Kesehatan mata

Bagi Anda yang peduli kesehatan mata, selain mengkonsumsi buah kaya vitamin A, jangan lupakan juga susu. Vitamin A yang terkandung dalam susu juga bermanfaat untuk menjaga mata tetap sehat.

4# Daya tahan tubuh

Seringkali di kota-kota besar, karena polusi yang tinggi, intensitas interaksi dengan manusia lain juga tinggi, lalu jam kerja yang padat dan menguras stamina, membuat orang lebih cendrung gamang sakit. Susu mengandung protein yang akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit atau meriang.

5# Kecerdasan otak

Susu dapat meningkatkan daya konsentrasi syaraf otak. Sehingga wajib bagi anak usia sekolah untuk rutin mengkonsusmsi susu.

Cara menyimpan susu yang benar

Hindari sinar ultraviolet

Hindari menyimpan susu di tempat yang terkena sinar matahari terik secara langsung. Kandungan susu akan rusak ketika terkena sinar ultraviolet.

Simapan di bawah suhu 4 derajat C

Jika Anda terpaksa menyimpan susu cair yang separo sudah dikonsumsi, usahakan menyimpan di lemari es dengan suhu di bawah 4 derajat C.

Sudah dibuka, habiskan

Jika Anda mengkonsumsi susu cair misalnya susu UHT, sebaiknya ketika segel pada tutup telah dibuka, maka habiskan jangan disisakan. Meskipun kembali ditutup rapat dan disimpan dilemari es, kandungan gizinya akan berkurang dibandingkan dihabiskan secara langsung. Solusi untuk meminimalisir hal tersebut adalah sebelum membeli susu, suaikan ukuran susu dengan jumlah anggota keluarga yang akan mengkonsumsi. Misalnya jika Anda membeli hanya untuk sendiri bukan keluarga maka sebaiknya belilah kemasan 250 atau sekali minum. Tapi jika untuk satu keluarga belilah kemasan besar yang lebih hemat.

Artikel ini ditulis oleh: Riyan Putra

artikel-keren

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Tips Seputar ASI dan IMD
Tips Seputar ASI dan IMD

Pengertian IMD IMD (inisiasi menyusui dini) adalah bayi mulai menyusu…

Inilah Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa
Inilah Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa

Saat cuaca panas dan terik, apa yang Anda bayangkan? Dari…

7 Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil
7 Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil

Hamil, merupakan suatu anugrah bagi seorang wanita karena kita telah…

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )
Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )

Nyamuk adalah salah satu serangga yang paling banyak dibenci manusia.…