Home  /  Kesehatan  / Inilah Rahasia Awet Muda

Inilah Rahasia Awet Muda


Inilah Rahasia Awet Muda

Rahasia Awet Muda – Menjadi tua adalah sesuatu yang pasti untuk seorang manusia. Tapi begitu banyak orang yang seolah ingin melawan hukum tersebut. Bahkan banyak dari orang-orang tersebut yang menggunakan cara-cara luar biasa seperti melakukan operasi plastik sampai menggunakan kekuatan magis. Sebetulnya ada hal yang lebih sederhana dan wajar dilakukan oleh seorang manusia dalam menjaga tubuh agar tampak awet muda sebagai bentuk syukur atas anugrah hidup dari yang maha kuasa

Berikut adalah rahasia awet muda yang sederhana:

1# Lawan mitos tua dan bersikap positif

Secara umum mitos yang berkembang di masyarakat kita adalah dengan bertambahnya usia maka akan semakin menyedihkanlah hidup seseorang. Mitos ini punya andil yang besar dalam memperburuk keadaan jika dipercayai bahkan diyakini dalam pikiran. Pola pikir seseorang dalam menyikapi bertambahnya usia dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya. Psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale meneliti bahwa orang yang menyiapi kenyataan bertambahnya usia dengan positif akan memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik dibandingkan mereka yang selalu berfikir negatif. Cara menyikapi bertambahnya usia dengan positif ini misalnya dengan berprinsip bahwa semakin tua akan semakin bijak, matang dalam bertindak, semakin tua semakin berkarisma dan sebagainya. Jangan sekal-kali berfikir bahwa dengan bertambahnya usia, Anda akan semakin rapuh dan rentan terhadap penyakit dan sebagainya. Percayalah ini akan merugikan Anda.

Selain bagaimana kita menyikapi bertambahnya usia, pola pikir sehari-hari dalam otak juga mempengaruhi kesehatan seseorang. Ada penelitian unik yang dilakukan David Snowdon dari Universitas Kentucky sejak tahun 1986. Ia meneliti terhadap 678 biarawati untuk mencari jawaban dari pertanyaan apa yang terjadi pada otak saat bertambahnya usia. Salah satu hasil dari penelitiannya adalah emosi positif pada seseorang yang ada sejak muda akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia. Ini membuktikan bahwa sesuatu yang kita pikirkan sehari-hari dalam otak mempengaruhi kesehatan tubuh.

2# Jaga kesehata gigi dan kulit

Ada hubungan yang erat antara kesehatan gigi dengan kemungkinan hidup seseorang. Menurut penelitian, seorang yang memiliki kesehatan gigi yang buruk cendrung lebih cepat meninggal. Kenapa bisa demikian? Bacteria yang ditemukan pada plak gigi ternyata merupakan bakteri yang juga ditemukan di timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah. Peneliti berspekulasi bahwa bakteri yang berasal dari mulut dapat memasuki pembuluh darah dan menyebabkan iritas dan penyumbatan pembuluh darah. Oleh sebab itu penting sekali menjaga kesehatan gigi sehai-hari dengan menyikat gigi secara teratur dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.

Sementara itu kesehatan kulit juga patut dijaga karena kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh manusia. Seseorang seringkali dinilai awet muda adalah karena memiliki kulit yang kencang atau tidak keriput. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A adalah salah satu cara mudah menjaga kesehatan kulit. Selain itu menghindari rokok juga merupakan tindakan ang tepat. Rokok selain berbahaya untuk organ dalam tubuh juga merupakn penyebab kulit keriput lebi cepat dari seharusnya.

3# Berolahraga 

Olah raga secara teratur dan sesuai porsi yang tepat terbukti dapat meningkatkan atau mempertahanklan kebugaran tubuh manusia. Bahkan olah raga sederhana yaitu jalan kaki atau bersepeda setiap pagi betul-betul akan membuat Anda lebih muda dari teman-teman sebaya yang tidak berolah raga.

4# Kelola stres 

Stres mungkin sulit dihindari terutama dalam lingkungan kehidupan perkotaan. Pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, pendidikan, dan hubungan sosial yang tidak beres akan memicu seseorang mengalami stres atau tertekan. Seperti yang kita tahu bahwa stres ini merupakan biang keladi dari berbagai penyakit serius seperti gangguan jantung, hipertensi, darah tinggi, depresi, penyakit kronis, gangguan seksual dan kesuburan, serta diabetes dan banyak lagi. Oleh sebab itu penting sekali mengelola stres agar terhindar dari penyakit-penyakit mengerikan di atas. Salah satu cara mengelola stres adalah dengan berlibur dan meditasi. Dalam sebuah penelitian disebutkan, orang–orang yang melakukan meditasi memiliki tingkat hormon stress seperti cortisol dan adrenalin yang lebih rendah.

5# Makanan mengandung serat dan anti oksidan 

Kesehatan pencernaan sangat penting dan berperan besar dalam kesuksesan menjadi seorang yang awet muda. Secara umum manusia memutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Dan serat bisa didapatan dari sayur-sayura dan buah. Beberapa buah yang memiliki kandungan serat tinggi adalah kwi, alpukat, pepaya. Makanan lain ang juga tinggi serat adalah oatmeal, gandum, kacang merah, jagung dan banyak lagi.

Dr. Mehmet C. Oz, M.D., salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menunjukkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, dan salah satu makanan sumber antioksidan yang paling ia sukai adalah blueberry. Ia berkata bahwa, “Semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat antisoksidan yang dapat melindungi anda.” Makanan anti penuaan lain diantaranya brokoli, tomat, dan acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang sering ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Ia menyarankan anda makan 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap harinya.

6# Kualitas tidur 

Tubuh manusia membutuhkan istrahat setiap harinya. Dan istiahat terbaik adala tidur. Meskipun tidur bukan dinilai dari durasi melainkan kualitas, tapi sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan funsi endokrin anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan nampak seperti tahap awal jika anda terkena diabetes. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkan anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun anda juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.

7# Cinta dan kasih sayang 

Beberapa ilmuan melakukan penelitian dengan memelihara tikus di kandang biasa dan memelihara mereka dengan sentuhan langsung bahkan di taruh d jas saat pergi ke lab, dan hasilnya tikus yang dirawat langsung hidup lebih lama.

Artikel ini ditulis oleh: Riyan Putra

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Tips Seputar ASI dan IMD
Tips Seputar ASI dan IMD

Pengertian IMD IMD (inisiasi menyusui dini) adalah bayi mulai menyusu…

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )
Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )

Nyamuk adalah salah satu serangga yang paling banyak dibenci manusia.…

Inilah Makanan Super Pengganti Obat Kuat
Inilah Makanan Super Pengganti Obat Kuat

Obat kuat adalah solusi instan untuk perkasa dalam hitungan jam…

7 Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil
7 Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil

Hamil, merupakan suatu anugrah bagi seorang wanita karena kita telah…