Home  /  Wisata  / Karimunjawa

Karimunjawa


Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Jepara di atas laut Jawa. Kepulauan ini memiliki luas daratan sekitar 1.500 hektare dan perairan 110.000 hektare. Terdiri dari 27 pulau kecil baik yang sudah dihuni manusia ataupun yang belum berpenduduk sama sekali.

Ada sekitar 5 pulau yang sudah berpenghuni oleh 3 suku besar yaitu suku Jawa, suku Madura, dan suku Bugis dengan total jumlah penduduknya sekitar 10.100.000 jiwa. Secara umum mereka berprofesi sebagai petani dan nelayan. Tiga suku itu hidup sangatlah rukun, saling tolong-menolong dan berdampingan.

Pada tangal 15 Mare 2001, pemerintah menetapkan Karimunjawa sebagai taman nasional. Dimana terdapat hampir 400 spesies fauna laut termasuk fauna langka seperti elang laut dada putih, penyu sisik dan penyu hijau. Saat ini Karimunjawa dikenal sebagai wisata taman laut yang dikagumi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai dengan hamparan pasir putih yang indah dan ombak yang bersahabat menjadi daya tarik tersendiri.

Kepulauan Karimunjawa memiliki beberapa julukan, diantaranya pulau liburan yang artinya pulau ini cocok untuk berlibur menyegarkan kembali tubuh dan pikiran setelah penat beraktifitas sehari-hari. Pulau ini seolah-olah mempunyai kekuatan magis lewat keindahan alam yang menakjubkan sehingga siapapun yang mengunjunginya akan merasa damai dan kembali pada kesegaran.

Julukan kedua adalah the paradies of Java atau surganya pulau Jawa. Tentu saja hal ini karena keindahan alam yang masih alami, hijau dan mempesona. Masyarakat yang ramah, lingkungan bersahabat, udara yang bersih membuat siapapun terutama masyarakat kota yang berknjung akan betah berlama-lama di Karimunjawa.

Julukan ketiga adalah caribben van java, atau Karibia nya pulau Jawa.  Julukan ini diberikan oleh bangsa Belanda yang menganggap keindahan Karimunjawa seperti keindahan Karibia. Disamping itu antara Karimunjawa dan Karibia mempunyai persamaan yaitu sebuah kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau kecil.

Karimunjawa ini memiliki banyak sekali tempat tempat wisata dari wisata alam, wisata pantai, wisata religi dan wisata kuliner semuanya ada. Wisata alam Anda bisa pergi ke bukit lov, bukit joko tou, tracking hutan mangrove dan masih banyak lagi. Wisata pantai Anda bisa pergi ke pantai nirwana, pantai barak kuda dan masih banyak lagi yang pasti semuanya sangatlah indah dan memanjakan mata. Sedangkan wisata religi, Anda bisa pergi ke masjid Karimunjawa, gapura candi bentar, makam sunan nyamplungan dan masih banyak lagi makam makam keramat di sana.

Legenda Mitos Asal Mula Karimunjawa

Menurut penduduk sekitar pulau Karimunjawa ini ditemukan oleh Sunan Muria. Cerita itu berawal ketika Sunan Muria prihatin dengan kenakalan anaknya  yang bernama Amir Hasan. Dengan tujuan untuk mendidik anaknya, sunan muria memberi perintah kepada anaknya untuk pergi dan menetap di sebuah pulau yang kelihatan krumun-krumun (buram) dari puncak gunung Muria dan pada akhirnya Amir Hasan pergi dan menetap di sana dan nama Karimunjawa di ambil dari kata krumun-krumun, itulah mitos yang dipercaya oleh masarakat setempat dan oleh sebab itu di Karimunjawa juga terdapat makam-makan sunan.

Makanan Khas Karimunjawa

Jika Anda mengunjungi Karimunjawa, sempatkan untuk mencicipi makanan khas yang sudah mulai terkenal. Anda bisa datang ke karimunjava culinary centre di desa Karimunjawa dekat alun-alun Karimunjawa. Beberapa makanan yang mennggu Anda cicipi yaitu pindang serani, bakso ikan ekor kuning, lontong krubyuk, tongseng cumi, siomay tongkol, klepon alang-alang, jenang krimun, pisang panggang, gereh iwak teri dan sebaginya. Akan makin lengkap jika ditutup dengan minuman yang juga terasa khas seperti wedang blung, wedang jahe, es kelapa rainbow.

Akses Transportasi Karimunjawa

Anda bisa bertolak dari Pelabuhan tanjung Emas -Semarang menggunakan kapal Kartini 1 yang berangkat seminggu sekali yaitu setiap hari sabtu pukul 9 pagi dan akan kembali dari Karimunjawa menuju Tanjung Emas setiap hari minggu siang. Lama penyebrangan sekitar 2-3 jam.

Anda juga bisa lewat Pelabuhan Kartini di Jepara dengan menggunakan kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali (hari selalsa, kamis, sabtu) jam 9 pagi tetapi dengan durasi pelayaran lebih lama yaitu sekitar 6 jam. Sementara dari Karimunjawa ke Pelabuan Kartini biasanya kapal berangkat pada hari rabu, jumat dan minggu jam 8 pagi. Tapi jadwal ini tidak mutlak karena bagaimanapun pelayaran dengan menggunakan kapal selalu disesuaikan dengan kondisi ombak dan cuaca.

Bagi Anda yang ingin menghemat waktu perjalanan menjadi hanya 30 menit, bisa menggunakan jalur udara yaitu dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Dewa Daru di pulau Kemujan dengan pesawat berjenis CASA 212 yang disewakan PT. Wisata Laut Nusa Permai.

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Danau Toba
Danau Toba

Danau toba yang terletak di Sumatera Utara merupakan danau terbesar…

Wisata Taman Nasional Way Kambas
Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat pelestarian gajah-gajah yang terletak…

Wisata Pulau Pahawang
Wisata Pulau Pahawang

Lampung sebagai daerah yang dilintasi oleh selat sunda memiliki banyak…

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau

Gunung Krakatu adalah gunung yang berada di selat sunda dan pernah…