Home  /  Wisata  / Mitos Paling Terkenal di Danau Toba dan Pulau Samosir

Mitos Paling Terkenal di Danau Toba dan Pulau Samosir


Mitos Paling Terkenal di Danau Toba dan Pulau Samosir

Mitos atau kepercayaan masyarakat suatu daerah sebetulnya adalah salah satu hal yang menjadi penambah keunikan daerah tersebut dimata wisatawan. Cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi dan dipercayai kebenarannya seringkali menggoda pikiran manusia untuk menganalisisnya secara lebih jauh. Sama halnya seperti mitos-mitos yang ada di Danau Toba dan Pulau Samosir tentu akan sangat menarik untuk diketahui.

Menurut saya pribadi, untuk sebuah tempat wisata sangat penting sekali memiliki mitos yang kuat sehingga menjadi daya tarik yang tidak ada habisnya. Selain mitos tentu saja kesuksesan sebuah tempat wisata menjadi popular juga dipengaruhi faktor lain seperti keindahan atau keunikan objek wisatanya itu sendiri, kemudian infrastruktur seperti akses jalan, penginapan dan angkutan umum yang baik. Lalu hal lain yang juga mempengaruhi adalah masalah keamanan dan keramahan penduduk setempat, selain itu promosi yang dilakukan juga akan sangat mempengarui.

Berikut adalah mitos paling terenal di Danau Toba dan Pulau Samosir

1# Mitos Terjadinya Danau Toba

Seperti yang kita tahu bahwa cerita rakyat paling terkenal adalah mengenai terbentuknya Danau Toba yaitu akibat murka seorang perempuan kepada suaminya yang melanggar sumpah. Perempuan tersebut sebelumnya adalah ikan yang bersedia dinikahi oleh seorang pemuda dengan syarat sang pemuda bisa menyembunyikan dan tidak menyinggung asal-usul si perempuan tersebut.

Setelah menikah dan ketika lahir putra pertama mereka yang diberi nama Samosir maka petaka itu pun terjadi. Sang suami melanggar janjinya dan memaki sang anak dengan menyebut “dasar anak ikan” ketika anak tersebut melakukan kesalahan menghabiskan bekal makanan yang seharusnya diberikan untuknya yang bekerja di ladang.

Maka saat sang anak mengadu keada ibunya, sang ibu murka dan menyuruh Samosir pergi ke atas bukit. Setelah itu turunlah hujan yang sangat deras bahkan konon air pun keluar seperti mata air dari dalam tanah. Hal itu mengakibatkan perkampungan menjadi tenggelam dan terbentuklah Danau Toba. Sementara bukit tempat Samosir berlindung berada ditengah-tengah air yang menggenang tersebut saat ini disebut Pulau Samosir. Baca juga artikel Kerusakan Lingkungan di Danau Toba Salah Siapa?

2# Mitos Batu Gantung di Kota Parapat

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat setempat, Batu Gantung adalah perwujudan dari seorang gadis dan anjing kecilnya. Dahulu ada sebuah keluarga yang hidup di lembah dekat danau toba. Seruni sang gadis akan dijodohkan dengan laki-laki pilihan orang tuanya padahal ia sendiri memiliki kekasih yang sangat dia cintai. Karena merasa frustasi ia memilih ingin mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Seruni yang selalu ditemani anjingnya yang bernama Toki, berniat melompat ke dalam danau toba. Tapi ternyata setelah ia berada di tebing yang curam, bukannya tercebur ke air danau melainkan terperosok ke lubang batu. Seruni jatuh hingga ke dasar lubang sedangkan anjingnya hanya bisa melolong dari mulut lubang.

Merasa cara bunuh dirinya gagal, Seruni memerintahkan batu-batu yang mengurungnya untuk merapat dan menghimpit tubuhnya. Akhirnya singkat kata tubuhnya betul-betul tertelan batu-batu tersebut. “Parapat… Parapat!” itulah kata yang diucapkan Seruni pada batu-batu. Itulah sebabnya tempat tersebut kemudian disebut Parapat.

3# Boneka Kayu yang Bisa Menari

Sigale-gale yang artinya adalah lemah gemulai adalah patung berbentuk manusia yang mengenakan pakaian adat batak secara lengkap. Konon itu adalah boneka yang dibuat untuk menghibur raja yang kehilangan putranya karena gugur dalam peperangan. Jadi boneka tersebut dibuat semirip mungkin dengan wajah putra raja. Mitosnya adalah boneka tersebut dapat bergerak sendiri bahkan menari karena diyakini roh sang putra raja merasuk ke dalam boneka kayu tersebut.

Pada Zaman dahulu di sebuah pegunungan desa Lumban Suhi terdapat kerajaan batak yang dipimpin oleh Raja Rahat. Dalam sebuah peperangan, putranya yang bernama Raja Manggele terkena anak panah, ia luka parah dan akhirnya wafat. Karena rasa sayang Raja Rahat kepada putranya tersebut, ia selalu bersedih ketika mengingat putranya yang telah tiada.

Berbagai cara telah dilakukan oleh para petinggi kerajaan untuk menghilangkan kesedihan sang raja. Para dukun kerajaan akhirnya memiliki ide yaitu membuatkan boneka dari kayu pokki atau kayu ulin dan dibuat semirip mungkin dengan wajah Raja Manggele. Dengan ritual yang panjang dan kesaktian dukun-dukun tersebut mereka bisa memanggil arwah Raja Manggele untuk merasuk ke dalam boneka. Akhirnya boneka dapat bergerak dan manortor. Cara ini berhasil membuat Raja Rahat merasa senang dan tidak lagi bersedih. Akhirnya setiap kali  raja merasa rindu dengan putranya maka ia akan menggelar pertunjukan tari sigale-gale ini.

4# Ikan Mas Raksasa dan Naga di Danau Toba

Masyarakat sekitar menyakini bahwa di dalam Danau Toba terdapat 3 ekor ikan mas berukuran besar. Ikan-ikan tersebut diyakini sebagai penunggu danau yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan akan muncul pada saat-saat tertentu. Ketiga ikan tersebut mempunyai warna yang berbeda yaitu merah, hitam, dan putih. Ketiga warna tersebut sangat khas dengan kebudayaan batak (Bonang Manalu). Menurut orang yang melihatnya secara langsung, ketiga ikan tersebut mempunyai ukuran yang berbeda satu sama lain seperti menggambarkan sebuah keluarga yang terdiri dari suami, istri dan seorang anak. Yang paling besar konon berukuran sekitar 10 meteran.

Jika dikaitkan dengan legenda terbentuknya Danau Toba, memang ada 3 tokoh yang berperan yaitu gadis khayangan yang dikutuk menjadi ikan, lalu pemuda miskin yang kemudian menjadi suami gadis ikan tersebut, kemudian anak hasil perkawinan mereka yang diberi nama Samosir. Selain ikan raksasa ternyata masyarakat sekitar juga sering dikejutkan dengan kemunculan ular besar dan bersisik yang terkadang muncul ke permukaan air. Ular tersebut sering disebut sebagai naga penunggu Danau Toba.

Riyan Putra

artikel-berkualitas

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Danau Toba
Danau Toba

Danau toba yang terletak di Sumatera Utara merupakan danau terbesar…

Wisata Gigi Hiu
Wisata Gigi Hiu

Lampung memiliki banyak sekali objek wisata yang layak untuk Anda kunjungi…

Wisata Pantai Sari Ringgung
Wisata Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung adalah salah satu wisata Lampung yang sedang…

Wisata Pulau Pahawang
Wisata Pulau Pahawang

Lampung sebagai daerah yang dilintasi oleh selat sunda memiliki banyak…