Home  /  Motivasi  / Motivasi: 5 Strategi Kesuksesan & Kekayaan

Motivasi: 5 Strategi Kesuksesan & Kekayaan


Sikap positif

Sikap adalah satu faktor penentu kesuksesan dalam apapun  juga perkara yang Anda lakukan. Einstein mengatakan bahwa sikap adalah 99%  penentu kesuksesan atau kegagalan seseorang. Anda semestinya mempunyai sikap yang positif dalam apapun juga bidang yang Anda lakukan, jika Anda mau memperoleh kesuksesan.

Apakah Anda sedang sadar, hendak melelapkan mata, bekerja apa pun juga yang Anda lakukan, Anda semestinya menanamkan sikap positif.  Apabila suatu perkara tidak menjadi seperti yang Anda harapkan, Anda seharusnya terus bersikap positif. Jika Anda bangun telat, jangan merasa bosan, sebaliknya Anda harus berfikiran positif dan berkata kepada diri Anda sendiri “Ok, hari ini aku terlewat bangun, sekarang aku perlu lakukan yang terbaik untuk hari ini”.

Saya tidak percaya bahwa mereka yang sukses pada hari ini bisa mencapai tahap itu tanpa mempunyai sikap yang baik dan positif. Sebenarnya lebih mudah untuk berfikiran negatif, karena untuk berfikiran positif memerlukan sedikit usaha. Tempelkan satu nota di atas meja Anda, di dalam mobil, cermin di kamar mandi yang tertulis “SIKAP”.  Apabila Anda melihat nota itu, berhenti sebentar dan berfikirlah tentang aktifitas yang sudah Anda lakukan pada hari itu, dan jika Anda merasa tidak berfikiran positif, segeralah perbaiki kemudian lanjutkan pekerjaan yang Anda lakukan.

Jika Anda bersikap positif, semua perkara yang Anda lakukan akan menjadi lebih mudah. Jika ada hal yang tidak Anda sukai untuk dilakukan, lakukan dulu hal tersebut dengan cara berfikir “Saya mau mengerjakan pekerjaan ini sampai selesai kemudian saya bisa bebas lakukan pekerjaan yang saya sukai!”. Cobalah tehnik ini dan Anda pasti akan merasakan perbedaannya.

Segera bertindak

Ini merupakan satu isu yang besar dan sering terjadi kepada kebanyakan orang, mereka mempunyai ide bisnis yang baik, mereka memberitahu kepada kawan-kawan tentang bisnis yang hendak dimulai, kawan-kawan menjadi positif dan mendukung. Kemudian mereka beritahu kepada beberapa orang lain lalu setelah itu tiba-tiba rencana itu hilang begitu saja.

Jika Anda mempunyai ide yang bagus, itu luar biasa, mungkin itu bisa jadi faktor penting yang akan membuat Anda sukses. Tetapi ada yang lebih penting dari sekedar ide. Apa itu? Tindakan! Anda perlu membuat tindakan. Seringkali orang terlalu banyak berbicara dan berfikir tentang ide-ide tapi mereka melupakan satu hal, mewujudkan ide tersebut. Jika Anda mendapat ide baik tentang suatu hal, berhentilah bicara, jangan terbuai dengan godaan mengembangkan ide di pikiran, tapi lebih baik lakukan ide tersebut dalam tindakan.

Saya mempunyai banyak sahabat yang datang berjumpa dan berbicara tentang ide-ide bisnis seperti seolah-olah mereka yang menyuruh saya melakukan bisnis tersebut. Saya bisa menolong mereka, beri pendapat, tetapi yang menyedihkan ialah 90% daripada mereka tidak pernah membuat tindakan. Jika Anda tidak membuat tindakan, Anda membohongi hak Anda untuk satu kesuksesan.

Pola pikir yang tepat

Saat dibangku sekolah seringkali kita dinasehati oleh orang-orang dewasa bahwa “belajar yang pandai supaya dapatkan kerja yang baik”. Padahal pekerjaan di masa depan bukanlah satu-satunya alasan penting untuk kita agar belajar dengan baik saat di sekolah.

Dan yang saya heran, jika memang motivasi banyak orang dalam bersekolah adalah uang (pekerjaan yang baik), kenapa mereka tidak mengatakan “belajarlah yang rajin supaya suatu saat kau jadi pembisnis sukses”. Padahal 80% jutawan pada hari ini mencapai impian mereka dengan memulai bisnis sendiri. Mungkin Anda sudah  mengetahui bahwa jika Anda benar-benar menginginkan kebebasan finansial (kaya), salah satu jalan terbaiknya adalah dengan membuka usaha sendiri.

Tuliskan apa yang Anda pikirkan

Saya tidak peduli sebaik apapun memori otak yang Anda miliki, seberapa hebatpun kemampuan Anda dalam mengingat sesuatu. Mengapa perlu menanggung resiko jika terlupa sesuatu yang penting? Tuliskan perkara yang ada dipikiran agar Anda menolong melegakan otak Anda yang penuh dengan informasi. Apabila Anda menulisnya Anda tidak perlu takut jika terlupa pada waktu yang diperlukan.

Jika Anda mempunyai ide – tuliskan.

Jika Anda mempunyai masalah – tuliskan.

Apabila Anda menulis suatu masalah, Anda akan mendapati bahwa Anda dapat berfikir  dengan lebih jelas, dan satu  waktu nanti perkara tersebut dapat diselesaikan. Tehnik ini tampak mudah, tapi jika Anda mulai menggunakannya, Anda pasti akan lihat perbedaannya kelak.

Tetapkan tujuan dan impian

Jika Anda tidak mempunyai sasaran atau target, Anda tidak akan dapat apa-apa. Anda harus mempunyai tujuan, Anda perlu tahu kemana destinasi Anda, berusaha untuk mencapainya dan senantiasa ingat akan impian Anda. Saya berjumpa dengan banyak orang yang mungkin tidak mengerti tentang konsep ini yang berkata “impian aku ialah untuk menjadi jutawan dalam waktu 5 tahun” tetapi apabila Anda tanyakan bagaimana untuk mencapainya, mereka hanya diam saja.

Inilah perbedaan antara penghayal dan pemimpi. Penghayal hanya memikirkan hal yang dia inginkan sedangkan pemimpi memikirkan hal yang dia inginkan dan memikirkan cara untuk mencapainya. Anda harus mempunyai tujuan jangka panjang, untuk tempo 5 tahun yang akan datang, kemudian susunlah list langkah-langkah atau upaya yang dapat mendekatkan Anda pada target Anda. Hal ini bisa dengan cara menetapkan tujuan jangka pendek yang lebih mudah dicapai contohnya tujuan setahun, sebulan dan seminggu.

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Kata-kata Mutiara dan Motivasi agar Semangat Melanjutkan Perjalanan Hidup
Kata-kata Mutiara dan Motivasi agar Semangat Melanjutkan Perjalanan Hidup

Kata-kata Mutiara dan Motivasi - Semua orang seharusnya mempunyai tujuan dalam…

Motivasi: Pencerahan tentang Arti Kaya yang Sebenarnya
Motivasi: Pencerahan tentang Arti Kaya yang Sebenarnya

Kaya adalah relatif. Sebagian orang merasa kaya ketika mempunyai uang…

Motivasi: Teori Kesuksesan dan Kekayaan
Motivasi: Teori Kesuksesan dan Kekayaan

Percaya bahwa Anda akan kaya dan sukses “Percaya Anda akan…

Motivasi: Menghilangkan Kemalasan & Mengubah Kekecewaan Menjadi Kekuatan
Motivasi: Menghilangkan Kemalasan & Mengubah Kekecewaan Menjadi Kekuatan

Mereka  sibuk  dan  mereka  tetap  sibuk  karena  itu  salah  satu …