Home  /  Motivasi  / Motivasi : Inilah Ritual Sederhana untuk Menciptakan Kebahagiaan yang Sebenarnya

Motivasi : Inilah Ritual Sederhana untuk Menciptakan Kebahagiaan yang Sebenarnya


Motivasi : Inilah Ritual Sederhana untuk Menciptakan Kebahagiaan yang Sebenarnya

Uang=Bahagia?

Kadar dan intensitas kebahagiaan akan mempengaruhi kualitas hidup termasuk kesehatan seseorang. Oleh sebab itu, ‘merasa bahagia’ sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Manusia yang hidupnya didominasi perasaan bahagia terbukti memiliki tubuh lebih sehat dan jiwa yang stabil.

Selama ini banyak orang berpendapat bahwa kebahagiaan ditentukan oleh materi atau uang yang dimiliki. Semakin banyak uang dimiliki maka semakin besar kemungkinan orang tersebut merasa bahagia. Pendapat ini muncul mungkin karena besarnya pengaruh uang di dunia ini. Banyak hal bisa didapatkan atau diselesaikan dengan uang.

Tapi pada kenyataannya ada orang yang memiliki uang berlimpah tapi tetap mencari-cari kebahagiaan yang sebenarnya, sementara ada yang sangat miskin, tapi bisa tersenyum dengan damai dan terlihat jelas sisi kebahagiaannya. Itu membuktikan bahwa kebahagiaan tidak ditentukan oleh materi.

Dua Zona Pembentuk Kebahagiaan

Sekarang bayangkan ada 2 zona yang dipisahkan sebuah sekat atau garis pembatas. Satu zona kita sebut dengan dunia luar yaitu bisa berisi uang, jabatan atau pangkat, teman, dukungan keluarga, penilaian orang lain dan sebagainya. Sementara zona yang lain adalah diri kita sendiri yaitu terdiri dari hati (perasaan) dan otak (pikiran).

Bahagia merupakan sebuah perasaan yang muncul atau mampu dirasakan dalam hati. Adapun dunia luar hanya menjadi perangsang atau pemicu yang dapat mempengaruhi timbulnya perasaan bahagia. Banyak orang menggantungkan kebahagiaan kepada dunia luar. Ada orang yang murung dan bersedih ketika dihina orang lain, itu artinya dia tidak bahagia hanya karena membuat dunia luar mendominasi dan mempengaruhi perasaannya. Begitu juga dengan orang yang galau ketika putus cinta, frustasi ketika gagal mendapatkan pekerjaan, tidak punya uang, dimusuhi orang lain dan sebagainya.

Sebetulnya jika saja kita mampu mengecilkan dominasi dunia luar dalam mempengaruhi perasaan, lalu kita memberi peran lebih besar pada otak (pikiran) untuk membantu membuat citra yang mendukung, maka perasaan apapun termasuk bahagia akan lebih mudah didapatkan atau diciptakan.

Contoh, seseorang ingin merasa bahagia tapi merasa sulit karena tidak punya uang. Cara agar ia bisa merasakan bahagia adalah dengan cara mencari uang. Boleh? Tentu saja boleh, hanya saja tentu butuh waktu. Bagaimana jika ia akhirnya memiliki uang setelah 5 tahun kemudian? Maka dia harus menunggu selama 5 tahun untuk sekedar merasa bahagia.

Sedangkan sesungguhnya orang tersebut bisa saja bahagia tidak perlu menunggu waktu selama itu yaitu caranya dengan mengecilkan dominasi dunia luar dan meminta bantuan otak untuk mengumpulkan pemikiran-pemikiran pemicu bahagia. Salah satunya berfikir mengenai apa yang sudah diberikan tuhan seperti kesehatan, kesempurnaan fisik, keluarga yang masih utuh dan sebagainya. Pada akhirnya akan memberikan perasaan SYUKUR. Itulah yang akan membuat perasaan damai dan memicu bahagia.

Menunggu 5 tahun untuk bahagia atau merasa bahagia saat itu juga, tentu merupakan sebuah pilihan. Kata kunci dari membuat bahagia adalah bersyukur. Polanya seperti ini, berfikir mengenai ha-hal positif yang sudah dimiliki-> bersyukur ->bahagia.

Melatih Rasa Syukur

Karena kita sudah tahu bahwa rasa syukur dapat memicu perasaan bahagia maka kita harus melatih diri kita untuk senantiasa bersyukur sebanyak-banyaknya, sesering-seringnya. Cara sederhana untuk melatih rasa syukur ini adalah setiap malam hari menjelang tidur, pikirkanlah 10 hal baik yang diberikan Tuhan dan terjadi pada Anda selama seharian penuh. Tidak perlu hal-hal besar dan spesial, bisa juga hal-hal sederhana seperti :

  1. Masih bisa bernafas dengan normal
  2. Bangun tidur tepat waktu tidak kesiangan
  3. Memiliki air bersih sehingga bisa mandi dengan segar
  4. Masih bisa menikmati makanan enak
  5. Keluarga yang diberi kesehatan
  6. Selamat saat perjalanan menuju tempat kerja
  7. Bos masih memberi kepercayaan untuk pekerjaan yang Anda lakukan
  8. Memiliki teman unuk sekedar berbagi cerita dan tertawa
  9. Mendapatkan rezeki berbentuk uang untuk menutupi biaya hidup
  10. Bisa tidur dengan nyaman dan tentram

Lakukanlah ritual ini minimal selama 3 bulan, maka selama itu juga hidup Anda akan berubah. Kesehatan akan meningkat, tubuh menjadi fresh, aura menjadi positif dan tentu saja hidup Anda menjadi berkualitas. Selamat mencoba.

Artikel ini ditulis oleh: Riyan Putra

artikel-keren

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Motivasi: Menghilangkan Kemalasan & Mengubah Kekecewaan Menjadi Kekuatan
Motivasi: Menghilangkan Kemalasan & Mengubah Kekecewaan Menjadi Kekuatan

Mereka  sibuk  dan  mereka  tetap  sibuk  karena  itu  salah  satu …

Kata-kata Mutiara dan Motivasi agar Semangat Melanjutkan Perjalanan Hidup
Kata-kata Mutiara dan Motivasi agar Semangat Melanjutkan Perjalanan Hidup

Kata-kata Mutiara dan Motivasi - Semua orang seharusnya mempunyai tujuan dalam…

Motivasi: 5 Strategi Kesuksesan & Kekayaan
Motivasi: 5 Strategi Kesuksesan & Kekayaan

Sikap positif Sikap adalah satu faktor penentu kesuksesan dalam apapun …

Motivasi: Kesuksesan, Memaafkan, Menghadapi Hinaan, Memudahkan Hidup
Motivasi: Kesuksesan, Memaafkan, Menghadapi Hinaan, Memudahkan Hidup

Setiap manusia terobsesi dan menginginkan kesuksesan. Sukses sendiri menurut saya…