Home  /  Motivasi  / Motivasi: Kesuksesan, Memaafkan, Menghadapi Hinaan, Memudahkan Hidup

Motivasi: Kesuksesan, Memaafkan, Menghadapi Hinaan, Memudahkan Hidup


Motivasi: Kesuksesan, Memaafkan, Menghadapi Hinaan, Memudahkan Hidup

Setiap manusia terobsesi dan menginginkan kesuksesan. Sukses sendiri menurut saya adalah keberhasilan seseorang mencapai tujuan yang ditetapkannya. Kesuksesan tidak selalu berkaitan dengan materi tapi apapun yang ada dalam kehidupan. Kali ini saya (Riyan Putra) akan menulis mengenai apa yang saya pikirkan tentang hidup. Ini adalah pendapat saya pribadi, jadi jika menyimpang, jangan diikuti.

Kesuksesan itu Misterius

kesuksesanSukses bisa terjadi kapan saja, dalam hal apa saja, dan pada orang yang merencanakannya ataupun pada orang yang sama sekali tidak merencanakannya. Perbedaannya terletak pada keadaan atau suasana yang dirasakan orang tersebut setelah sukses itu terjadi.

Pada orang yang telah mempersiapkannya, ia hanya perlu menikmati sukses, menjalankan sisa rencana atau daftar hal yang berikutnya harus dilakukan dalam menjalankan peran barunya sebagai orang sukses.

Sementara pada orang yang mengalami kesuksesan tanpa merencanakannya (dadakan), seringkali harus sibuk menjalankan peran barunya sebagai orang sukses sekaligus disibukan dengan proses memantaskan diri sebagai orang yang disebut sukses karena dulu sama sekali tak pernah melakukannya.

:: Nasehatnya : Berbaik-baiklah pada hidup Anda, lakukan dan pelajari apapun yang menurut nurani Anda baik untuk saat ini dan waktu yang akan datang, lalu dokumentasikan jalan hidup Anda adalah cara aman untuk mengantisipasi kesuksesan yang akan menimpa Anda kapan saja.

***

Rumus Sukses ala Riyan Putra

rumus-kesuksesan

Banyak orang yang berharap dilebihkan sedangkan ia tidak pernah berbuat lebih. Ibarat hukum timbal balik, siapa yang berbuat baik maka akan mendapat baik, begitupun sebaliknya. Hal itu pasti terjadi hanya menunggu waktu saja.

Rumus sukses yang dapat Anda terapkan dalam hidup Anda terdiri dari 3B yaitu, berbeda, baik, dan berkelanjutan (konsisten). Berbeda artinya mencoba untuk tidak menjadi rata-rata atau kebanyakan. Jika Anda mempunyai kekurangan diri yang menghambat kesuksesan, maka jangan terlalu lama terpaku dengan hal itu, carilah kemampuan yang dapat melebihkan Anda.

Yang ke dua adalah baik, sebelum Anda melanjutkan ke pada langkah konsisten, yakinkanlah diri Anda bahwa perbedaan Anda dengan orang lain tersebut adalah hal yang positif. Setelah itu baru lakukanlah secara konsisten dan sabar.

:: Nasehatnya : Kemauan untuk sukses dimiliki oleh 99 orang dari 100 orang. Lalu pengetahuan akan cara atau rumus untuk sukses adalah 50 dari 99 orang. Sedangkan yang mengaplikasikan serta menjalankan pengetahuan tersebut hanya 5 orang saja. Jadilah Anda salah satu dari 5 orang tersebut. Sukses menunggu Anda.

***

Memaafkan

memaafkan

Mencoba memaafkan berarti mencoba bernegosiasi dengan diri. Mengalahkan nafsu serta keangkuhan yang seringkali dominan. Memaafkan menjadikan diri sebuah dewasa serta memposisikan Anda sebagai pribadi yang agung.

Bukan hati yang teguh untuk tak memaafkan yang disebut sebagai tangguh melainkan kesediaan untuk membuka ruang penuh kebencian lalu membiarkannya menguap seluruhnya hingga menjadi ruang baru yang utuh.

:: Nasehatnya: Percaylah, memaafkan tak akan menjadikan Anda menjadi rendah, tapi sebaliknya. Tak ada apapun yang sepenuhnya benar, dan tak ada juga yang sepenuhnya salah. Karena benar dan salah adalah tergantung sudut fokus Anda menilainya. Kebenaran sejati hanya milikNya.

***

Kemarahan

marah

Kemarahan hanya memberikan Anda dua hal. Pertama rasa puas yang palsu dan yang ke dua adalah kehancuran karakter Anda. Rasa marah dapat meruntuhkan wibawa dan bukan sebaliknya. Anda harus bisa membedakan orang yang menghormati Anda dan orang yang takut pada Anda yang tentu keduanya akan memberi hal yang berbeda untuk Anda.

Kemarahan seringkali dijadikan senjata oleh para pengecut yang terdesak. Marah adalah sama halnya dengan sedih yaitu menunjukan sebuah kondisi lemah dari diri seseorang. Orang-orang yang kuat dan mempunyai kemampuan mengendalikan orang lain adalah orang yang terlebih dahulu mampu mengendalikan dirinya sendiri menjadi lebih stabil.

:: Nasehatnya: Ubahlah posisi tubuh Anda, jika Anda duduk maka berdirilah, diamlah beberapa saat, berikan diri Anda rasa nyaman dan setenang mungkin, carilah sisi positif sebanyak-banyaknya dari hal yang membuat Anda marah, dan permudah pertempuran Anda dengan mendekat pada Tuhan.

***

Berfikir Detil

berfikir-detil

Sebagian orang berpendapat bahwa berfikir tentang gagal berarti merencanakan kegagalan. Pendapat itu mungkin benar ketika sejak awal kita meyakini apapun cara yang ditempuh tidak akan berhasil.

Memikirkan kegagalan setelah meyakini akan keberhasilan bukanlah sebuah rencana untuk gagal melainkan sebuah perhitungn detil yang masuk akal.

::Nasehatnya : Yakinilah keberhasilan Anda tapi jangan menjadikan Anda lupa kemungkinan kecil akan kegagalan. Jiwa yang optimis bukan jiwa yang tak percaya akan kegagalan melainkan jiwa yang keyakinan akan keberhasilannya lebih dominan.

***

Menghadapi Hinaan

menghadapi-hinaan

Pada umumnya seseorang yang dihina atau dicela akan mengalami dua kemungkinan, yang pertama marah dan yang kedua sedih. Kemarahan yang fatal adalah dendam yang seringkali membawa sesorang pada perbuatan negatif lebih jauh, misalnya mencelakakan orang yang menghina. Sedangkan kesedihan yang parah adalah down dan frustasi yang mengakibatkan proses sosialisasi orang tersebut terganggu, misalnya enggan bertemu orang lain, mengasingkan diri, takut yang berlebihan dll. Tentu saja kedua hal tersebut bukanlah solusi untuk kebaikan hidup Anda selanjutnya.

Di dunia ini berlaku rumus bahwa sesuatu yang baik belum tentu menyebabkan kebaikan saat itu juga, begitupun sebaliknya. Semuanya tergantung dari pengelolaan diri Anda untuk menyikapi kedua hal tersebut. Sebuah pujian, seringkali membuat seseorang lupa diri dan akhirnya terperosok, tertipu, dan gagal. Sebaliknya sebuah hinaan ketika disikapi dengan kemarahan yang terkontrol yang hanya digunakan sebagai pemacu diri untuk introspeksi dan bekerja lebih keras serta memberikan pembuktian malah seringkali memberikan kebaikan.

::Nasehatnya : Jadi, tidak ada pilihan, apapun yang menimpa Anda, sesuatu yang menyenangkan atau tidak, perlakukanlah ia sebaik mungkin, kelolalah diri Anda, kontrol diri menentukan. Jika yang Anda dapatkan sebuah hal yang menyenangkan maka pertahankanlah agar tetap mengakibatkan kesenangan, lalu jika yang Anda dapatkan hal yang tidak menyenangkan, berfikirlah dengan cerdas, jadikan ketidaksenangan tersebut sebagai pemacu diri untuk mendapatkan kebaikan, itu jika Anda tidak mau rugi dua kali.

***

Memudahkan Hidup

memudahkan-hidup

Buatlah hidup Anda seringan mungkin, tapi bukan tanpa isi, melainkan ringan karena tahu tak ada gunanya untuk dijadikan berat dan penuh beban.

Kunci dari kemudahan hidup adalah kemampuan mengendalikan hati dan pikiran.

Ketika Anda menderita, berfikirlah bahwa penderitaan memang dihadirkan sebelum kesenangan. Ketika Anda tersiksa dengan kemarahan, terpuruk dengan kebencian, maka hal yang tepat adalah mencoba memaafkan. Ketika Anda terbebani dengan kesalahan, dipenuhi dengan penyesalan, buatlah sebuah pengakuan lalu perbaiki lembar-lembar baru ke depan.

::Nasehatnya : Memudahkan hidup berarti menjadikan energi, waktu serta hasil akhir Anda tak sia-sia.

***

Hidup dan Permainan Puzzle

puzzleKehidupan itu seperti papan puzzle yang tersusun membentuk keteraturan lalu diberantakan kembali dan kita berada dalam proses mencocokan keping puzzle agar kembali tersusun teratur seperti semula.

Ketika permainan ini ditentukan dengan batas waktu yang kita tak pernah tahu berapa durasi dan kapan akan berakhirnya, maka strategi yang mungkin diterapkan adalah bekerja setepat dan secepat mungkin atau kita game over dan tak mendapatkan apapun.

::Nasehatnya : Jika kerumitan pola hidup yang Anda hadapi membawa Anda pada kebuntuan dan kesimpulan bahwa pola tersebut adalah sebuah kesalahan, ingatlah bahwa pola tersebut pernah selesai dan saat ini Anda hanya bertugas mengulainginya.

** * **

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Motivasi: Menghilangkan Kemalasan & Mengubah Kekecewaan Menjadi Kekuatan
Motivasi: Menghilangkan Kemalasan & Mengubah Kekecewaan Menjadi Kekuatan

Mereka  sibuk  dan  mereka  tetap  sibuk  karena  itu  salah  satu …

Motivasi : Inilah Ritual Sederhana untuk Menciptakan Kebahagiaan yang Sebenarnya
Motivasi : Inilah Ritual Sederhana untuk Menciptakan Kebahagiaan yang Sebenarnya

Uang=Bahagia? Kadar dan intensitas kebahagiaan akan mempengaruhi kualitas hidup termasuk…

Motivasi: Teori Kesuksesan dan Kekayaan
Motivasi: Teori Kesuksesan dan Kekayaan

Percaya bahwa Anda akan kaya dan sukses “Percaya Anda akan…

5 Hal yang Harus Dilakukan di Masa Muda
5 Hal yang Harus Dilakukan di Masa Muda

Masa muda adalah masa yang sangat menyenangkan untuk dijalani. Tapi…