Home  /  Kesehatan  / Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Osteoporosis

Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Osteoporosis


Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Osteoporosis

Osteoporosis adalah penurunan kualitas jaringan tulang yang menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, dan tulang menjadi rapuh. Berbeda dengan osteoarthtritis, osteoporosis tidak menimbulkan rasa sakit. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadi nya osteoporosis, di antara nya :

1. Faktor genetik

Faktor genetik merupakan salah satu faktor pemicu terjadi nya osteoporosis. Jika dalam sebuah keluarga ada yang terkena osteoporosis, maka 60 – 80 % keturunan dari keluarga tersebut, bisa terkena osteoporosis.

2. Sering konsumsi kopi, rokok, dan alkohol

Orang yang sering mengkonsumsi  kopi, rokok, dan alkohol, mempunyai resiko yang lebih tinggi terkena osteoporosis. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok, menyebabkan tubuh kesulitan menyerap kalsium yang penting bagi tulang.

3. Obat – obatan

Orang yang sering mengkonsumsi obat kortikosteroid yang berfungsi sebagai obat peradangan, yang biasa digunakan untuk obat asma dan alergi, beresiko terkena osteoporosis. Obat kortikosteroid jika di konsumsi dalam jumlah tinggi dan dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan osteoporosis. Untuk itu, berkonsultasilah dengan dokter anda, sebelum mengkonsumsi obat kortikosteroid itu.

4. Wanita

Wanita yang berumur lebih dari 35 tahun, mempunyai resiko terkena osteoporosis lebih tinggi. Karna setelah umur 35 tahun, terjadi penurunan kadar hormon estrogen.

Bagi anda yang sudah terkena osteoporosis, tidak perlu cemas, karna berikut adalah beberapa cara praktis untuk mengobati osteoporosis :

1. Konsumsi kalsium

Asupan kalsium yang diperlukan oleh tubuh adalah sebanyak 1.200 mg – 1.500 mg per hari. Orang yang mengkonsumsi kalsium dengan cukup, akan memperlambat 30 – 50 % resiko patah tulang.

2. Vitamin D

Vitamin D berfungsi dalam penyerapan kalsium. Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi Vitamin D sebanyak 400 Ui. Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D, sempatkanlah berjemur di bawah sinar matahari 10 – 20 menit tiap harinya.

3. Olagraga

Osteoporosis, bisa diobati dengan rutin berolahraga. Olahraga yang dimaksud adalah seperti aerobic, yoga, dan latihan beban. Dengan olahraga, diyakini bisa meningkatkan massa tulang. Untuk itu, rajinlah untuk berolahraga, minimal 3 kali dalam seminggu.

4. Perbanyak buah dan sayuran hijau

Komsumsi buah dan sayuran hijau dengan cukup, bisa membantu mengatasi osteoporosis. Rajin lah konsumsi buah-buahan yang berkhasiat bagi penderita oateoporosis, seperti jambu biji, jeruk, pisang, apel, strawberry dan kurma. Dan sayuran yang berwarna hijau, seperti brokoli, dan kembang kol. Selain buah dan sayuran hijau tersebut, kacang almond juga merupakan camilan yang sehat bagi penderita osteoporosis.

Nah, mudah dan praktis bukan? Selamat mencoba ya, salam sehat.

Artikel ini ditulis oleh: Nim

artikel-keren

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )
Cara Ampuh Mengusir Nyamuk ( Lengkap )

Nyamuk adalah salah satu serangga yang paling banyak dibenci manusia.…

Obat kuat
Obat kuat

Obat kuat adalah istilah yang berlaku di masyarakat untuk menamakan…

7 Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil
7 Nutrisi yang Penting untuk Ibu Hamil

Hamil, merupakan suatu anugrah bagi seorang wanita karena kita telah…

Inilah Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa
Inilah Manfaat Dibalik Segarnya Air Kelapa

Saat cuaca panas dan terik, apa yang Anda bayangkan? Dari…