Home  /  Wisata  / Wisata Pulau Pahawang

Wisata Pulau Pahawang


Wisata Pulau Pahawang

Lampung sebagai daerah yang dilintasi oleh selat sunda memiliki banyak sekali obyek wisata pantai dan pulau seperti contohnya pulau pisang, gigi hiu dan pulau pahawang. Kali ini kita akan bahas tentang pulau pahawang yang pada akhir-akhir ini mulai banyak diminati wisatawan baik dari Lampung maupun wisatawan luar Lampung. Mereka datang untuk berliburan dan sekedar melepas lelah setelah disibukan dengan kegiatan sehari-hari.

Pulau Pahawang berada di provinsi Lampung tepatnya di kecamatan Punduh Pidada  yang termasuk dalam Kabupaten Pesawaran. Pulau ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Pahawang besar dan Pahawang kecil. Luas pulau Pahawang sekitar 1.084 hektare yang terdiri 6 desa yaitu desa Suek Biah, Penggetahan, Jeralangan, Kelompok, Pahawang, Cukuhnyai.

Hamparan pasir putih, jernihnya air laut dan indahnya alam bawah laut menjadi daya tarik pulau Pahawang. Pulau Pahawang terkenal dengan wisata bawah lautnya. Anda cukup berdiri di bibir pantai dan memandang ke bawah maka Anda bisa melihat karang-karang dan tanaman bawah laut serta ikan-ikan kecil berlalu lalang karena jernihnya air laut di sini.

Jika Anda hobi snorkeling Anda wajib merasakan sensasai dan pemandangan bawah lautnya yang sangat indah. Batu-batuan karang, spesies ikan, serta berbagai macam tumbuhan bawah laut yang akan membuat Anda tidak merasa sia-sia telah mengunjungi Pahawang. Tidak usah khawatir karena di sini juga terdapat jasa penyewaan perlengkapan snorkeling dan harga yang cukup terjangkau yaitu 50.000.

Pulau pahawang juga terkenal dengan jembatan alamnya yang diberi nama tanjung putus. Tanjung putus adalah jembatan yang menghubungkan antara 2 pulau yaitu pulau Pahawang kecil dan pulau Tanjung Putus. Jembatan ini hanya bisa dilihat saat air laut surut karna saat air laut pasang jembatan ini akan tertutup oleh air laut. Jembatan ini tidak seperti jembata jembatan lainnya yang biasanya terbuat dari kayu atau beton tapi jembatan ini terbuat dari dataran pasir yang terbuat secara alami.

Akses jalan untuk menuju pulau Pahawang ini juga sangatlah mudah, dari Tanjung Karang Bandar Lampung Anda ambil arah ke Teluk Betung ke padang cermin lalu ke pelabuhan Ketapang. Dri pelabuhan ini Anda menyeberang ke pulau Pahawang dengan menggunakan perahu nelayan. Waktu yang Anda butuhkan dari Bandar Lampung ke pulau Pahawang ini sekitar 2-3 jam perjalanan darat dan 1 jam perjalanan laut. Selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam lampung yang masih alami. Hutan, bukit-bukit dan pohon-pohonan yang hijau. Tunggu apa lagi atur waktu Anda dan keluarga untuk berwisata ke pulau Pahawang.

artikel-keren

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Danau Toba
Danau Toba

Danau toba yang terletak di Sumatera Utara merupakan danau terbesar…

Bendungan Batutegi
Bendungan Batutegi

Lampung memiliki banyak sekali objek wisata selain pulau pisang, way…

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau

Gunung Krakatu adalah gunung yang berada di selat sunda dan pernah…

Wisata Taman Nasional Way Kambas
Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat pelestarian gajah-gajah yang terletak…