Home  /  Wisata  / Wisata Taman Nasional Way Kambas

Wisata Taman Nasional Way Kambas


Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat pelestarian gajah-gajah yang terletak di Lampung tepatnya di kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Didirikan pada tahun 1985 yang merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Nama awal taman ini adalah pusat pelestarian gajah (PLG) namun sekarang berubah nama menjadi pusat konversi gajah (PKG). Ekosistem ini dibuat senyaman mungkin untuk habitat hewan di dalamnya dimana terdapat hutan dengan rawa dan semak belukar.

Taman Nasional Way Kambas yang selalu diidentikan dengan gajah juga sebetulnya terdapat banyak sekali fauna lain yang hampir punah seperti badak sumatra, harimau sumatra, anjing hutan, tapir, mentok rimba, buaya sepit, dan berbagai jenis burung, mamalia lain, dan reptil.

Gajah-gajah yang terdapat di dalam berasal dari gajah liar yang terdapat di sekitar hutan yang kemudian dikumpulkan dalam satu tempat demi melindungi mereka dari kepunahan akibat perburuan ilegal sekelompok orang. Gajah-gajah tersebut dirawat serta dilatih berbagai keterampilan seni pertunjukan, selain itu ada juga yang dijadikan gajah tunggangan dan dapat membantu manusia dalam mengangkut kayu dan membajak sawah. Konon pada zaman dahulu, gajah digunakan untuk kendaraan perang dan upacara kerajaan.

way-kambas

Hal yang dapat dilakukan di Taman Nasional Way Kambas:

1# Menyaksikan pertunjukan gajah

Anda dapat menyaksikan aktraksi gajah pintar yang ditampilkan setiap sore. Sedangkan pertunjukan sepak bola biasanya diadakan setiap akhir pekan. Aktraksi gajah ini sangat cocok jika Anda mengunjungi Way Kambas dengan si kecil. Tingkah lucu dan pintar gajah yang menirukan aktivitas manusia layaknya dalam pagelaran sirkus ini akan menghibur anak kecil dan juga sayang untuk dilewatkan orang dewasa. Anda juga tentu dapat mengabadikannya dalam sebuah video atau foto.

2# Menunggang gajah

Berinteraksi langsung dengan para gajah adalah pilihan berikutnya. Anda dan keluarga dapat berfoto, memberi makan bahkan mencoba sensasi berkeliling wahana dengan menunggang gajah yang dikendalikan langsung oleh seorang pawangnya. Tidak perlu khawatir karena gajah-gajah tersebut sudah jinak, Anda juga tetap aman dengan bimbingan sang pawang yang sudah terlatih. Meskipun tidak semua orang berani menunggang gajah, tapi pengalaman naik gajah di Way Kambas tidak akan Anda lupakan sampai kapanpun. Tidak percaya? Coba saja.

3# Belajar tentang alam

Di plang ijo Anda dapat belajar lebih dalam tentang alam dimana di tempat tersebut disediakan informasi tentang tanaman atau hutan, satwa liar dan isu-isu konservasi. Bagi seorang yang suka belajar tentang alam, flora, fauna, maka Way Kambas bisa menjadi tempat yang sangat menyenangkan karena selain pembelajaran akan sangat lengkap, juga suasana yang lebih bersahabat dibandingkan belajar dari buku atau ruang kelas.

4# Berkeliling hutan

Bagi Anda yang lebih suka jalan-jalan dengan suasana alam dan udara segar, Anda dapat menjelajah hutan dengan syarat ditemani seorang pemandu. Anda tidak akan diizinkan masuk ke dalam hutan tanpa ditemani pemandu. Alasannya adalah karena masih banyak sekali satwa liar berbahaya dan selain itu pengunjung juga kemungkinan dapat tersesat karena medan yang luas. Berkeliling hutan akan menyenangkan dengan kostum dan peralatan yang lengkap, jadi jangan lupa persiapannya.

5# Naik kapal motor atau sampan

Disediakan kapal motor dan sampan dengan harga sewa yang terjangkau untuk orang yang ingin melihat satwa liar dan berkeliling melalui jalur sungai. Untuk menghindari perselisihan atau kesalahpahaman mengenai tarif, pastikan Anda mematangkannya di awal. Bagi seorang penjelajah sungai tentu tidak akan melewatkan kesempatan ini. Mengamati tingkah polah satwa liar langsung di lingkungan alam bebas dan merasakan sensasi jalur air merupakan sesuatu yang menggiurkan untuk dicoba. Belum lagi jika Anda seorang fotografer, pasti akan sangat tertarik berburu foto dengan angle-angle terbaik para satwa dari sampan yang melaju.

6# Mendirikan tenda atau berkemah

Berkemping umumnya dilakukan saat mendaki gunung. Tapi Way Kambas ternyata juga menyediakan fasilitas untuk berkemping. Bagi Anda yang datang dengan rombongan dan suka berkemah atau kemping, Anda dapat bermalam atau menginap dengan mendirikan tenda di daerah Pos Jaga Plang Hijau. Hanya saja demi alasan keamanan, Anda harus terlebih dahulu melapor dan meminta surat SIMAKSI di Kantor penjagaan. Jika tenda sudah didirikan dan malam datang, maka bersiaplah menikmati pemandangan langit, dinginnya udara, serta meriahnya senda gurau. Makanan dan minuman yang serba hangat akan sangat mendukung keadaan, dan jangan lupa api unggun wajib ada.

7# Menikmati akomodasi mewah dan modern

Bagi Anda yang mengaku traveller manja dan banyak dana, Anda dapat menikmati suasana mewah dan fasilitas hotel yang lengkap di sekitar wilayah Taman Nasional Way Kambas misalnya di daerah Way Jepara yang dapat Anda tempuh sekitar 15-20 menit saja. Jadi bagi yang tidak biasa liburan ala petualang jalanan, tidak perlu khawatir membayangkan hal-hal yang tidak enak, melelahkan, dan serta keterbatasan. Liburan Anda akan tetap nyaman dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Transportasi Menjuju Taman Nasional Way Kambas

Untuk menuju ke Taman Nasional Way Kambas cukup mudah dari tanjung karang atau kota Bandar Lampung hanya memerlukan waktu perjalanan darat kurang lebih 2 (dua) jam. Jika menempuh jalan lintas timur juga cukup mudah dari pelabuhan Bakauheni langsung ambil jalan lintas timur dan hanya memerlukan waktu sekitar 4-5 jam karena jalannya juga cukup bagus, tidak berlubang atau rusak.

Tips Mengunjungi Taman Nasional Way Kambas:

 1# Bawalah kamera 

Kamera adalah benda wajib traveller yang harus selalu mendapat prioritas dalam tas ransel. Kemanapun tempat tujuan wisatanya tentu saja kamera adalah sahabat mereka. Saat ini kamera handphone pun sudah banyak sekali yang memiliki fitur dan kualiatas hasil foto yang baik, mungkin dapat menjadi solusi jika Anda tidak punya kamera khusus. Intinya akan sangat menyesal jika Anda lupa membawa kamera karena akan kehilangan banyak memen-momen bagus selama menjelajahi Way Kambas. Sekali lagi, sebelum berangkat pastikan Anda tidak melupakan benda penting tersebut.

2# Makanan ringan 

Menyiapkan persediaan makanan ringan dari rumah tentu bukan pilihan yang buruk. Karena dapat menemani kebosanan selama perjalanan atau dapat dinikmati saat beristirahat. Berbagai alasan seringkali membuat keputusan membawa perbekalan lebih menguntungkan. Menghemat uang karena biasanya makanan di tempat wisata lebih mahal. Menghemat waktu karena tidak perlu mendadak mencari tempat membeli cemilan atau makanan ringan. Menghemat tenaga karena biasanya rasa malas datang tanpa bisa diprediksi dan tidak akan jadi masalah jika kita memiliki cukup amunisi ( bekal makanan ). Jadi daripada liburan Anda berantakan hanya karena hal sepele seperti masalah perbekalan, maka sebaiknya persiapkanlah dengan matang.

3# Obat-obatan

Bagi Anda yang membawa anak kecil dan tidak terbiasa dengan alam liar, tidak ada salahnya menyediakan obat-obatan ringan seperti minyak telon atau balsem, anti nyamuk oles dan sebagainya untuk melindungi kulit mereka dari serangan sesarangga. Obat mual, masuk angin, pusing, atau obat luka ringan juga bisa Anda bawa sebagai antisipasi untuk hal-hal yang tidak diinginkan terutama jika Anda memilih berkemping.

Demikian ulasan seputar Taman Nasional Way Kambas, dan selamat berwisata!

Banyak orang membutukan informasi ini. Bagikan artikel GRATIS ini sekarang juga. . .

Related Post


Wisata Pantai Sari Ringgung
Wisata Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung adalah salah satu wisata Lampung yang sedang…

Wisata Gigi Hiu
Wisata Gigi Hiu

Lampung memiliki banyak sekali objek wisata yang layak untuk Anda kunjungi…

Pesona Danau Ranau
Pesona Danau Ranau

Danau Ranau terletak di perbatesan Lampung Barat Provinsi Lampung dan…

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau

Gunung Krakatu adalah gunung yang berada di selat sunda dan pernah…