Apa itu Boncos?

Boncos adalah istilah yang biasa digunakan dalam Facebook Ads yang berarti biaya iklan lebih besar dibandingkan profit penjualan produk (rugi).

Misalnya saya jualan parfum, profit tiap botol cuma Rp 45ribu ternyata saya pakai iklan FB Ads tipe conversions biaya per orang yang order adalah Rp 75ribu.

Tapi sebetulnya sebelum mengatakan ini boncos, harus dilihat dulu bahwa iklan ini udah jalan berapa lama dan habis budget berapa?

Jadi: standar mengatakan iklan itu boncos atau belum tergantung modal yang disediakan & keberanian si pemasang iklan memprediksi iklan akan profit dalam jangka panjang.

Kalau saya sendiri karena usahanya masih skala kecil, maka jika iklan sudah jalan lebih dari 7 hari atau lebih dari Rp 1juta belum juga profit maka saya katakan boncos, dan iklan harus saya stop.

Seperti yang Anda tahu bahwa nominal biaya Rp 75ribu per order tadi terus berubah seiring waktu tayang iklan bertambah. Bisa semakin murah atau justru bertambah mahal. Sehingga keputusan menstop iklan yang baru jalan sebentar dengan pengeluaran yang baru sedikit seringkali bukan solusi karena performa iklan belum bisa diprediksi.

Begitu juga jika tipe iklan yang kita gunakan CTW (click to website) misalnya saya menetapkan anggaran iklan Rp 1juta, saya asumsikan per klik iklan harganya Rp 1ribu artinya saya punya jatah kurang lebih 1.000 klik.

Saya akan jalankan iklan tersebut sampai habis Rp 1juta. Jika traffic itu langsung diarahkan ke web penjualan maka saya bisa langsung melihat dengan budget iklan Rp 1juta bisa menghasilkan berapa penjualan? Total profitnya berapa?

Jika memang masih profit maka iklan akan tetap saya jalankan, tapi jika total biaya iklan lebih mahal dibandingkan total profit maka resmilah iklan saya nyatakan boncos dan stop, dan fokus merancang iklan baru.

Tapi uraian di atas hanyalah ilustrasi karena Alhamdulillah, puji syukur sampai detik ini saya menggunakan FB Ads, tidak pernah boncos.

Tunggu postingan penting saya berikutnya ya.

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved