Cara Agar Open

Rate Email Menjadi Tinggi

Dua hal yang penting dalam email marketing adalah berapa banyak orang yang membuka email (email open rate) dan berapa orang yang mengklik link di email tersebut (click through rate).

Agar kita mendapatkan click through rate yang tinggi maka kita juga harus meningkatkan email open rate karena bagaimana mungkin orang klik link di dalam email ketika emailnya pun tidak dibuka. Masuk akal?

Bagaimana strategi agar email open rate tinggi?

1] Alamat Email Valid
Saat awal mengumpulkan alamat email Anda bisa gunakan sistem double optin yaitu orang harus klik link verifikasi dulu baru bisa masuk list Anda. Ini untuk memastikan agar alamat email yang mereka daftarkan valid tidak salah tulis atau email fiktif. Percuma dapat banyak alamat email tapi palsu kan?

2] Segmentasi List
Pengelompokan alamat email sangat penting agar kita bisa mengirimkan konten email secara tepat sasaran. Minimal Anda memiliki 2 macam list. Pertama list free atau orang-orang yang belum pernah beli produk Anda dan kedua list pro berisi orang-orang yang sudah melakukan pembelian. Pengelompokan lain misalnya berdasarkan minat, kebiasaan dan sebagainya itu juga bisa Anda lakukan. Intinya ketika konten dikirimkan kepada orang yang tepat maka kemungkinan konten tersebut dinikmati akan semakin tinggi.

3] Judul Email Menarik
Judul ibarat headline dalam salespage Anda, berperan paling depan di medan pertempuran dan sangat menentukan. Saat membaca koran atau membuka situs portal berita secara umum orang memutuskan membaca artikel yang mana adalah berdasarkan judulnya. Kurang lebih itu juga yang terjadi pada email. Jadi penting untuk membuat judul email yang bisa menciptakan rasa penasaran dan ingin melanjutkan membaca isi email.

4] Konten yang Disukai
Menulis koten email juga menjadi tantangan tersendiri. Selain isinya wajib membawa manfaat atau memberikan benefit untuk pembaca tapi kalimat atau bahasa yang digunakan dalam membungkusnya juga harus mampu membuat mereka nyaman bahkan terkesan dan lebih jauh lagi mampu menciptakan kedekatan.

5] Filterisasi
Sesekali buatlah form untuk list baru dan informasikan ke list lama Anda bahwa Anda akan melakukan pemindahan list dan jika mereka ingin tetap terhubung dengan Anda, harus melakukan update (mengisi form baru) menuju list baru tersebut. Dengan begitu, orang-orang yang tidak pernah membaca email Anda atau sudah lama tidak menyukai email Anda akan dengan sendirinya tereliminasi dan tidak lagi masuk ke list baru.

6] Hindari Deteksi Spam
Email yang sempurna tidak akan ada artinya jika masuk ke folder spam. Khusus untuk hal ini Anda bisa menambah pengetahuan Anda dengan mencari informasi detilnya di internet mengenai bagaimana sebuah email bisa ditandai sebagai spam. Anda akan mendapatkan beberapa hal penting seperti Anda harus membuat whitelist atau meminta penerima email untuk menambahkan alamat email Anda ke daftar kontak mereka. Selain itu Anda juga disarankan untuk menghindari bahasa sales di judul dan konten email Anda seperti : “diskon” “free” “gratis” “beli” dll karena konon termasuk spam trigger words atau kata-kata yang dianggap spam.

Semoga bermanfaat

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved