Cara Aman

Memulai Jualan atau Bisnis

Umumnya orang yang mau jualan, hal yang disiapkan pertama kali adalah:

1) stok produk
2) lapak atau tokonya
3) peralatan kerja
4) karyawan

Terkadang mereka melupakan 3 poin berikutnya yang lebih penting, yaitu:

5) menyiapkan market yang lapar (siap membeli)
6) kegiatan promosi rutin mencari pembeli baru
7) pengelolaan pembeli lama agar bisa terus membeli atau berlangganan

Untuk pemula, mengutamakan urutan 1 sampai 4 di atas seringkali menyebabkan masalah seperti modal untuk memulai menjadi besar, menggunakan pinjaman atau investasi dari pihak lain, produk belum tentu laku, biaya operasional & lain-lain membengkak dan sulit ditutup, dan bisa jadi bangkrut lebih dini.

TIPSNYA:

Sebaiknya untuk pemula, urutannya DIBALIK aja. Mulailah dari menyiapkan market, mengumpulkan orang dalam sebuah kolam list, lalu kita cari tahu produk seperti apa yang mereka butuhkan, barulah kita cari produk dan jual ke mereka. Itu terbukti lebih aman.

Untuk meminimalkan modal, kita tidak harus stok barang, bisa jualan menggunakan sampel, gambar atau video demo, jika terjadi pembelian, barulah kita ambil produknya dari produsen.

Dengan cara seperti ini sebetulnya hanya modal dengkul pun bisa.

Artinya Anda gak melulu harus punya modal uang untuk mulai jualan, cukup modal kejujuran agar dipercaya kedua belah pihak yaitu buyer dan pemilik produk.

Dengan masuknya profit, pelan-pelan baru Anda bisa catat tipe-tipe promosi seperti apa yang terbukti ampuh, kemudian rekrut orang untuk menjadi tim yang membantu Anda dan buat sistem sederhana agar Anda bisa melipat gandakan penjualan.

Jika sudah stabil Anda bisa mulai merintis perusahaan Anda sendiri, membuka toko offline, mendesain logo, membuat produk sendiri, dan lain-lain. Disini Anda sudah siap secara modal keuangan dan tentunya siap juga dari segi pengalaman.

Oh ya tips di atas bukan cuma berlaku untuk orang yang terkendala modal, tapi bagi Anda yang berduitpun jika tidak ingin kehilangan banyak uang maka hindari keluar uang besar-besaran di awal demi istilah modal bisnis ketika skill bisnisnya masih nol.

Jadi mulai aja dari sesuatu yang bisa meningkatkan skill dan pengetahuan Anda secara pribadi tanpa banyak resiko sampai waktunya siap barulah Anda mulai berkarir menjadi pengusaha dengan bendera perusahaan Anda sendiri yang lebih besar.

Selamat mencoba..

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved