Dilematik Jualan

Produk Digital Bajakan

Saat masih kuliah saya bertanya kepada dosen yang sedang mengisi kuliah di depan kelas, dimana pertanyaannya saat ini saya sadari merupakan pertanyaan konyol.

Mau tahu apa pertanyaan saya waktu itu?

“Kalau kita bikin perusahaan kecil, lalu kita gak bayar pajak, apakah itu bisa berjalan dalam jangka panjang?”

Kebetulan saat itu mata kuliahnya perpajakan.

Sang dosen menjawab yang intinya itu memungkinkan tapi sama artinya pemilik usaha itu membatasi perusahaannya untuk tetap kecil.

Karena saat akan bertransaksi dengan perusahaan besar lainnya akan ‘memaksa’ perusahaan kita terdaftar di perpajakan juga.

Nah ini hampir sama saat kita punya pertanyaan apakah memungkinkan kita jualan produk digital orang lain secara ilegal atau bajakan?

Itu memungkinkan hanya saja tidak mungkin langgeng dan membesar.

Bisnis ilegal seperti itu serba salah atau menjadi dilema, jika sembunyi-sembunyi marketnya terbatas (pembelinya sedikit) tapi jika promosinya gencar juga akan membahayakan karena akan sampai juga ke telinga owner produk yang kita bajak.

Bukankah keadaan itu sama persis jika kita di offline jualan miras, narkoba, kendaraan curian dll?

Gak mungkin bisa besar! Kalaupun terbukti ada usaha seperti ini yang besar dan berkembang pasti biaya untuk menutupi atau ‘mengamankannya’ pun tidak sedikit!

Apa enaknya menjalankan bisnis yang serba salah seperti itu?

Jadi berdasarkan logika untung rugi duniawi aja kita jelas kita tidak diuntungkan, apalagi kalau kita lihat dari segi keberkahan akhirat juga?

Yuk kita mulai bisnis yang memungkinkan aman saat membesar dalam jangka panjang.

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved