Facebook Ads:

Langsung Jualan atau Edukasi Dulu?

Hampir semua orang yang familiar dengan internet saat ini pasti memiliki akun FB, nah kebayang dong database yang dimiliki Facebook ini seberapa besar?

Salah satu cara Facebook mendapatkan uang adalah dengan menyediakan program periklanan bernama Facebook Ads untuk para penjual produk.

Dengan FB Ads artinya kita membayar Facebook untuk menemukan calon pembeli di berbagai pelosok negeri.

Kelebihannya kita bisa tentukan sendiri tampilan iklan yang ingin kita buat, siapa yang kita target, berapa budgetnya, dan laporan semua itu disajikan lengkap.

Jadi menggunakan Facebook Ads ini bagusnya langsung jualan atau edukasi market dulu?

Kalai produk Anda adalah sesuatu yang semua orang sudah tau fungsi atau kegunaannya, misalnya pakaian, makanan cemilan, perkakas rumah tangga maka bisa langsung promosi mengenai demo dan fitur produknya.

Tapi kalau produk Anda adalah sesuatu yang bukan kebutuhan sehari-hari misalnya properti, asuransi, MLM, buku, ecourse, seminar, pelatihan, pengobatan, maka hal yang harus kita lakukan adalah mengedukasi market terlebih dahulu barulah ketika mereka sudah siap, kita bisa jualan.

Jadi Anda bisa lakukan funneling atau membuat alur tahapan dari orang membaca konten gratis Anda, lalu masuk list Anda dan komunikasi berulang-ulang sampai akhirnya mereka siap dengan penawaran Anda.

Apakah cara ini gak kelamaan?

Ya waktunya memang tidak instan tapi hasilnya akan sepadan.

Untuk membuktikannya, Anda bisa tes dengan cara sediakan budget misalnya Rp 20 juta untuk promosi sebuah ecourse milik seseorang.

Alokasikan Rp 10 juta untuk iklan ‘jualan langsung’ kepada target market sedangkan Rp 10 juta lainnya untuk iklan menawarkan konten gratis dan menangkap database target market dulu (iklan untuk funneling).

Anda bisa analisa uang Rp 10 juta untuk promosi langsung menghasilkan berapa sales dan bandingkan dengan hasil di cara kedua.

Kalau dari percobaan yang saya lakukan ini hasilnya bisa 1 banding 9 loh dari kedua cara di atas.

Jadi cara funneling ini prosesnya memang tidak sebentar tapi hasilnya jauh lebih maksimal. Selain itu ini berlaku jangka panjang karena database yang kita miliki bisa kita kasih penawaran produk berikutnya.

Jangan lupa bahwa sebelum seseorang memutuskan membeli produk Anda itu harus:

1] Mengenal baik siapa Anda (terpercaya)
2] Menyadari masalah mereka
3] Mengetahui Anda menjual produk solusi masalah mereka
4] Menyetujui keuggulan produk Anda
5] Memiliki cukup uang untuk membayar
6] Memiliki waktu yang tepat untuk membeli produk Anda

Oleh sebab itu butuh komunikasi yang berkelanjutan tidak hanya sekali, termasuk penawaran juga harus berulang-ulang atau bersifat mengingatkan.

Oleh sebab itu melakukan followup atau menjalankan iklan retargeting akan lebih murah ketika kita sudah memiliki database.

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved