7 Hal Penting

Sebelum Berlangganan Autoresponder untuk List Building

List building dengan cara mengumpulkan alamat email memang penting untuk bisnis jangka panjang tapi faktanya banyak orang menyerah melakukannya.

Dari mulai kendala teknis settingan autoresponder yang dianggap rumit, kesulitan mencari leads (alamat email), gak ngerti cara membuat penawaran gratis yang menarik, sampai gak sanggup bayar sewa autoresponder karena list belum menghasilkan.

Saran untuk Anda yang baru mau mulai adalah jangan dulu menyewa autoresponder mahal sebelum menyiapkan 7 hal berikut ini.

1# Strategi Email Marketing

Jika list building dimulai dari membagikan sesuatu yang gratisan artinya Anda mengubah orang yang sama sekali belum mengenal Anda atau produk Anda, dan daya belinya belum teruji menjadi seseorang yang familiar dengan produk Anda, percaya terhadap kredibilitas Anda & kemudian membeli produk Anda berkali-kali.

Disini Anda harus memiliki strategi yang tepat baik mengenai alurnya maupun bagaimana cara pendekatannya agar target penjualan Anda bisa tercapai dalam waktu yang lebih singkat.

2# Lead Magnet

Sesuatu yang Anda tawarkan secara gratis ini haruslah menarik & tentu saja wajib berhubungan bahkan harus memancing orang untuk membeli produk Anda.

Contoh lead magnet powerful, jika Anda jualan tools berbasis web maka bisa menggratiskan trial selama beberapa hari atau pemakaian selamanya tapi dengan fitur terbatas.

Bisa juga menggratiskan video tutorial penggunaan tools atau tips trik memaksimalkan tools. Dengan begini dipastikan mereka yang mendownload akan memaksimalkan praktek dari informasi yang mereka dapatkan dengan cara membeli tools Anda.

Contoh lead magnet lain adalah kode kupon diskon spesial, atau katakanlah Anda jualan jasa boom like instagram, Anda bisa janjikan gratis 100 like untuk 1 postingan sebagai lead magnet Anda.

3# Konten Email

Pastikan Anda sudah membuat konten untuk email terjadwal Anda agar nanti ketika sewa autoresponder, di hari pertama pun bisa langsung jalan karena tinggal copy dan paste saja.

Terkait bentuk konten dan jumlahnya tentu ini bebas tergantung strategi Anda saja. Intinya buatlah konten yang mampu membuat orang yang baru kenal menjadi merasa dekat, nyaman, mendapat manfaat, dan pastikan juga konten email Anda bisa menunjukan karakter yang ingin Anda bangun.

4# Squeezepage

Beberapa perusahaan autoresponder sudah sekaligus menyiapkan squeezepage atau halaman web untuk menangkap alamat email pengunjung.

Jika autorespinder yang Anda sewa tidak menyediakannya maka Anda harus sudah menyiapkannya sendiri bisa menggunakan template html atau bisa juga langsung dengan cms wordpress. Ada banyak theme dan plugin yang mendukung ini.

Yang terpenting dari tampilan squeezepage adalah ringan untuk diakses, mampu membuat visitor fokus pada penawaran Anda, dan barulah pikirkan juga dari keindahan tampilannya.

5# Copywriting Produk

Tujuan kita melakukan list building mengumpulkan alamat email orang tertarget yang belum pernah membeli produk kita (cold market) agar bisa kita ubah menjadi warm market bahkan hot market melalui konten email yang kita kirim.

Untuk mengetes apakah strategi kita berhasil atau tidak salah satu caranya dengan jualan atau mempromosikan minimal 1 produk. Jadi siapkanlah copywriting untuk mempromosikan minimal satu produk.

Jika produknya dijual terus-menerus (evergreen) Anda bisa memasang konten email promosi ini di email terjadwal, kecuali produk yang dijual dadakan & waktunya terbatas ya barulah gunakan fitur broadcast.

6# Sumber traffic

Disini banyak orang gagal paham. Memang benar emai list tujuan jangka panjangnya untuk dijadikan sumber traffic agar hemat biaya promosi & gak bergantung ke iklan berbayar.

Selain itu, broadcast email bisa dilakukan kapanpun kita mau dan relatif lebih stabil gak terpengaruh algoritma yang berubah-ubah.

Tapi jangan lupa bahwa orang subscribe (memasukan alamat email) bukan secara ajaib tanpa Anda memberitahukan alamat URL penawaran gratis Anda di squeezepage.

Jadi proses awal untuk mengumpulkan list tersebut tentu saja kita membutuhkan promosi juga misalnya FB ads, solo ads dll. Intinya bagaimana mendatangkan orang-orang untuk melihat penawaran gratisan Anda di squeezepage yang sudah Anda buat.

7# Mindset yang Tepat

Poin ini sebetulnya cocok diletakan di awal pembahasan karena sangat penting. Ini akan menentukan konsisten tidaknya Anda & juga mudah atau sulitnya semua proses yang dijalani.

Dengan memahami mindset yang tepat maka Anda bisa terhindar dar fokus yang salah. Contoh fokus yang salah adalah meratapi orang-orang yang unsubscribe, berhenti mencari subscriber baru dll.

Anda bisa baca tulisan saya terkait mindset list building di channel telegram saya ini. Scroll-scroll aja ke atas ya.

Dari 7 poin di atas penting untuk disiapkan sebelum Anda menyewa autoreaponder agar di bulan pertama pun sistem Anda sudah berjalan.

Jadi tidak buang uang untuk sewa alatnya padahal belum menyiapkan apa-apa.

Dari pengalaman, banyak orang yang sampai menghabiskan uang sewa untuk setengah bahkan 1 tahun secara sia-sia dan sistem belum juga siap.

Jadi dengan bertindak bijak untuk tidak dulu sewa autoresponder sebelum menyiapkan 7 hal diatas maka Anda akan lebih banyak menghemat uang.

Semoga bermanfaat..

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved