Ikan Besar

dan Sang Pemilik Kolam

Sewaktu saya masih kerja di sebuah perusahaan di daerah Jakarta Barat, dalam sebuah percakapan santai, mantan atasan saya bilang begini:

“Kita itu lebih baik jadi ikan besar di kolam kecil daripada jadi ikan kecil di kolam besar.”

Saat itu konteksnya mengarah kepada lebih baik kerja di perusahaan kecil tapi punya jabatan atau wewenang, dibanding kerja di perusahaan besar tapi gak menempati posisi penting.

Saya lupa saat itu saya setuju atau tidak.

Tapi setelah saya tidak lagi bekerja kepada perusahaan orang lain, saya berfikir “tentu saja lebih baik lagi kalo gak cuma jadi ikan besar, tapi jadi aja sang pemilik kolam”.

Tidak peduli kolamnya besar atau kecil toh namanya tetep pemilik kolam, bukan lagi ikan.

Jadi untuk teman-teman pemula yang baru merintis usaha, mulai sekarang jangan minder kalau merasa bisnisnya masih kecil dan hanya jualan produk yang sepele.

Mungkin aja penampilan kita kalah keren dengan karyawan yang kerja di perusahaan besar di luar sana, tapi ingatlah bahwa mereka cuma “ikan besar” dan kita sudah menjadi “sang pemilik kolam”. Hehe

Bagaimana jika saat ini posisi Anda masih jadi “ikan” atau karyawan?

Apakah saya menyarankan Anda untuk resign dari status karyawan, dan memulai menjalankan bisnis sendiri? 

Tidak.

Menurut saya, menjadi seorang karyawan di perusahaan manapun atau menjadi pemilik usaha apapun, sepenuhnya adalah soal pilihan hidup kita. 

Tidak ada pilihan yang paling benar, yang ada hanyalah mana yang paling sesuai dengan karakter diri kita. Karena nyatanya tidak semua orang cocok bekerja kepada orang lain, begitupun sebaliknya tidak semua orang mampu membangun usaha sendiri.

Yang pasti semua pilihan punya resiko atau konsekuensinya, maka selama kita tau dan siap menghadapinya ya sudah, jalani saja. 

Dan menurut saya yang jauh lebih penting dari aktivitas pekerjaan yang kita pilih tersebut adalah mampu membawa kebaikan terhadap hidup kita secara keseluruhan.

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved