Ikut Kursus, Bayarnya Setelah

Terbukti Sukses Boleh?

Mas Riyan, saya berminat dengan ecoursenya tapi bayarnya nanti setelah saya praktekan dan terbukti menghasilkan, boleh ya?

Beberapa kali saya dapat pertanyaan seperti itu ketika mempromosikan ecourse milik orang lain.

Terlepas dari ecoursenya bukan milik saya, tapi ada 3 hal yang memang perlu saya jelaskan untuk menjawab pertanyaan seperti itu.

1] Gak umum

Itu sama seperti dia pergi ke dokter meminta diperiksa penyakitnya lalu minta obat dan bayarnya nanti kalau udah terbukti sembuh.

Atau contoh lain dia beli produk kecantikan, digunakan dalam jangka waktu tertentu lalu kalau enggak cantik gak jadi bayar.

Praktek jualan seperti itu mungkin ada untuk produk-produk tertentu yang bisa dikendalikan dengan kode lisensi misalnya ketika gak lanjut bayar bisa di off dan pemilik produk tidak mengalami kerugian, istilahnya trial, tapi untuk produk lain itu sangat tidak umum.

Ecourse itu kursus online prosesnya mengisi pengetahuan sama seperti bersekolah.

Nah di Indonesia kita bersekolah tidak gratis di awal lalu setelah jadi orang sukses baru bayar kan?

2] Kata yang relatif

“Menghasilkan” yang dimaksud mungkin adalah kalau ilmu dari ecoursenya berhasil dipraktekan dan sukses memberi penghasilan.

Nah sayangnya kata ‘sukses memberi penghasilan’ ini artinya sangat relatif karena setiap orang memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Misalnya ada yang menganggap kalau sudah penghasilan Rp 1 juta baru disebut sukses, tapi ada juga yang sudah menghasilkan Rp 10 juta merasa belum sukses.

Hal tersebut diperparah lagi dengan sesuatu yang tidak transparan. Dari mana saya tahu dia sudah menghasilkan atau belum setelah mengikuti ecoursenya?

Bukankah yang tahu hanya dia dan tuhan?

3] Tergantung penggunaan

Ilmu itu seperti pisau jadi tergantung ditangan siapa dan digunakan untuk apa.

Contohya sebuah sekolah gurunya sama, materi pendidikannya sama tapi
nasib dan kesuksesan peserta didiknya tentu berbeda-beda alias tidak sama.

Jadi itu tergantung bagaimana si murid menggunakan ilmu yang dia peroleh. Oleh karena itu sekolah tidak menggaransi kesuksesan seseorang.

Sama halnya juga ecourse bidang tertentu, tidak bisa menjamin kesuksesan pesertanya.

Yang bisa menjamin kesuksesan seseorang adalah tindakan orang tersebut dan kehendak Tuhan.

Tindakan dipengaruhi oleh pola pikir jadi sebaiknya berusahalah membentuk pola pikir sehat seperti orang-orang yang udah terbukti sukses.

Salah satunya berani berinvestasi pada sesuatu yang dianggap akan bermanfaat di masa depan.

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved