Tips Mudah Jualan Produk Apapun di Facebook

Jualan produk apapun sebetulnya bisa menggunakan Facebook. Selain menggunakan FB Ads (berbayar) bisa juga berpromosi secara organik (gratisan) di akun personal. Berikut langkah-langkah jualan di FB personal secara organik:

1] Buat akun FB branding untuk membangun kepercayaan

Seseorang mau bertansaksi secara online biasanya karena merasa aman dan percaya. Beberapa hal yang bisa meningkatkan ‘trust’ dari calon buyer adalah:

  • Nama dan username gunakan nama asli Anda jangan nama produk apalagi nama alay agar terpercaya dimata calon buyer. Selain itu memakai nama asli adalah sesuai dengan peraturan Facebook sehingga kalau suatu saat akun FB Anda bermasalah masih bisa ditolong dengan mengupload foto kartu identitas dan sebagainya. Username akan menjadi URL akun FB Anda jadi buat sependek mungkin dan pastikan mudah diingat.
  • Foto profil gunakan foto asli Anda yang menampilkan wajah secara jelas. Jangan gunakan foto produk atau foto karakter fiktif. Hal ini agar calon buyer merasa berinteraksi dengan Anda secara riil. Mentupi identitas seringkali menimbulkan dugaan negatif atau kecurigaan bahwa Anda berniat menipu.
  • Timeline cover adalah gambar besar dibagian atas timeline Facebook Anda. Bagian ini bisa Anda isi dengan gambar yang menarik yang mampu memperkuat branding Anda misalnya foto toko offline Anda, foto Anda bersama tokoh terpercaya, foto membludaknya antusias orang terhadap produk Anda dan sebagainya.
  • Intro bisa diisi nama web atau identitas lain. Selain itu bisa juga memasang foto banner seputar produk Anda. Anda bisa buat banner berisi sebuah spesial offer yang sangat menarik bisa berupa bundling beberapa produk Anda dengan harga yang jauh lebih murah atau bahkan cara mendapatkan sample gratis produk Anda.
  • Album foto juga fitur yang bisa Ada manfaatkan untuk meningkatkan trust dari calon buyer. Umumnya mereka yang mencari tahu Anda akan membuka album foto Anda dan melihat-lihat isinya. Jadi Anda bisa memaskan foto-foto pencapaian atau prestasi yang Anda dapatkan terkait produk Anda. Bisa juga foto-foto kegiatan Anda yang luar biasa.
  • Notes adalah fitur untuk membuat catatan. Anda bisa membuat artikel berisi tips memaksimalkan penggunaan produk Anda atau sekedar penjelasan secara terperinci mengenai produk Anda. Anda bisa menyematkan video dan memasukan gambar ke dalam catatan Anda ini. Oh ya sebaiknya buat beberapa catatan agar terlihat lengkap.¬†

 2] Buat Status Berpola

Jika akun FB Anda untuk jualan disarankan Anda tidak asal dalam menulis status. Hindari menulis status yang bermuatan negatif misal berisi cemoohan, nyinyir, kebencian, provokasi, hoax, fitnah dan sebagainya. Sebaiknya status Anda betul-betul dikonsep atau direncanakan dengan baik. Berikut pola status Facebook yang bisa Anda terapkan:

  • INFO BERMANFAAT
  • PEMBUKTIAN
  • JUALAN
  • SANTAI

Status info bermanfaat ini maksudnya Anda berbagi informasi yang berguna untuk target market Anda. Jadi topik informasinya tentu harus berhubungan dengan produk / bisnis Anda. Bentuknya bisa tulisan di status biasa, bisa juga video, catatan di fitur notes Facebook, link artikel blog dan sebagainya. Usahakan gunakan gambar dengan desain yang menarik agar hasilnya maksimal.

Status pembuktian ini bisa berupa apapun yang meningkatkan kepercayaan orang terhadap Anda atau bisnis Anda. Misalnya bisa pajang piagam prestasi Anda, foto penghargaan yang Anda terima, foto bersama orang terpercaya yang terkait produk Anda dan sebagainya.

Status jualan inilah yang menentukan terjadinya sales. Saran saya jangan melulu hardselling atau terang-terangan. Anda bisa jualan halus melalui demo penggunaan produk, kontes akses gratis, kuis, testimoni, story telling, dan banyak lagi. Ini biar variatif dan gak bikin bosen.

Status santai ini juga diperlukan agar suasana gak melulu terfokus ke jualan. Anda bisa ikut mengomentari berita-berita terbaru yang sedang ramai dibicarakan orang. Ini juga sekaligus membuktikan bahwa akun Facebook Anda tidak dikelola oleh admin atau robot yang kaku.

3] Add friend tertarget

Setelah akun Facebook terbangun dengan baik maka saatnya lakukan add friend. Usahakan Anda hanya add orang-orang yang menjadi target market Anda saja. Anda boleh menggunakan bantuan tools untuk menemukan orang-orang secara tepat.

Facebook memberikan jatah friend sebanyak 5.000 jadi sebaiknya Anda mengutamakan kualitas orang-orang yang Anda add.

Anda bisa melakukan proses optimasi seiring berjalannya waktu yaitu dengan cara melakukan unfriend orang-orang yang ternyata tidak tertarik dengan bidang jualan Anda dan melakukan add friend orang-orang baru.

4] Buat orang mengunjungi profil Anda

Karena akun Facebook kita sudah dioptimasi (foto profil, timeline cover, intro, postingan status) lalu sudah ada teman (meskipun belum full friend 5.000 orang) maka selanjutnya bagaimana caranya agar orang mau membuka profil Anda.

Salah satu caranya adalah dengan kita rutin memberikan reaksi kepada postingan status orang lain. Reaksi disini bisa berupa like, komentar, dan share. Jika dilakukan rutin maka hasilnya akan terlihat. Untuk melakukan pekerjaan ini bisa juga menggunakan bantuan tools.

Dari sekian banyak interaksi yang Anda lakukan dan semakin sering maka orang akan penasaran dan mengunjungi profil Anda. Disitulah mereka melihat penawaran Anda dan lebih jauh mulai menyimpulkan karakter Anda. Lama-kelamaan mereka akan mengenal Anda dan setelah kepercayaan terbangun maka menjual apapun asalkan sesuai dengan kebutuhan mereka maka bisa dengan mudah dilakukan.

Semoga bermanfaat…

Untuk membantu agar pekerjaan di Facebook tersebut tidak menghabiskan waktu dan tenaga Anda, salah satu solusinya adalah menggunakan bantuan tools bernama iMacros AutoFB.

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved