Trik Jualan Laris di Facebook TANPA FB Ads

FB Ads bukanlah satu-satunya cara agar jualan laris manis karena pada dasarnya agar bisnis kita berjalan, cukup memiliki 3 hal berikut:
 
– Ada produk / jasanya
– Ada target marketnya

– Cara membuat target market BELI produk/jasa kita

Hari ini saya ingin sharing, bagaimana pola optimasi yang berhasil yang menjadikan akun Facebook personal Anda memiliki 5000 calon buyer.
 
Pola ini perlu Anda jalankan rutin, hingga bisnis Anda terus bergulir, tiap hari dapet orderan, tanpa harus ngiklan berbayar di FB Ads.

POLA OPTIMASI FB PERSONAL

Saya asumsikan Anda baru bikin akun FB tapi sudah setting dan isi profilenya lengkap dan tentunya sudah punya produk yang siap dijual juga. Polanya adalah sebagai berikut:
 

1. Melakukan Add Friend Tertarget

Temukan target market Anda berada. Anda bisa search di grup-grup yang berkaitan dengan produk Anda. Misalnya produk Anda adalah kuliner dan target marketnya adalah Bandung maka carilah grup-grup tentang kuliner khusus Bandung. Lalu Add Friend membernya. Anda juga bisa lakukan hal yang sama di Fanpage competitor.

Add Friend tertarget untuk awal-awal cukup:
10 orang di pagi hari
10 orang di siang hari
10 orang di malam hari
 
Jika sudah terbiasa dan lancer tanpa dapat peringatan dari FB, tingkatkan lagi secara bertahap missal 20 atau 30 add friend masing-masing di pagi, siang dan malam.

2. Manage Add Friend Anda

Setelah 5 hari, lakukan aktivitas rutin no 1 di atas, biarkan dua hari tidak Add Friend, lalu hari ke 7 lakukan Clean. Clean adalah menghapus permintaan pertemanan yang tidak direspon/tidak diapproved. Tujuannya untuk mengurangi risiko blokir FB.

Cara cleannya langsung ke link ini: https://m.facebook.com/friends/center/requests/outgoing
(Anda bisa klik cancel request atau batalkan permintaan pertemanan)

3. Lakukan Update Status 3x Sehari

Cara memperkenalkan diri yang elegan kepada Friend tertarget adalah dengan memposting status yang pasti dibaca mereka. Update status tidak harus tips atau soft selling tentang bisnis kita atau bisa juga dengan posting gambar/video lucu, teka-teki, hal-hal unik yang intinya memancing orang untuk berinteraksi di status kita.
 
Lebih rileks lebih baik dan tidak terlalu kaku karena tujuannya agar mereka Like, Comment atau Share post kita. Dengan begitu, ke depannya setiap kali kita update stauts, akan muncul di beranda mereka. Di langkah ini, kita sudah mempersiapkan diri agar promosi kita di kemudian hari akan terlihat oleh mereka.

4. Berinteraksi dengan Audience

Luangkan 15-30 menit untuk melihat beranda Anda dan lakukan Like dan Comment di Status Friend-Friend Anda. Percayalah, meski hanya sebuah like, itu akan membuat mereka mengenal kita dengan lebih cepat.

5. Join Groups yang Relevan dengan Bisnis Anda dan berinteraksi disana

Tujuannya selain untuk melihat topik pembicaraan yang sedang hot di bidang tersebut, juga untuk lebih mendalami behavior dan tingkat interest target market Anda. Ini penting untuk strategi promosi dari sisi mana kita musti masuk.
 
Sudah… cuman itu saja yang dilakukan setiap harinya…
Lalu, promosinya kapan donk???
 
Untuk promosi tidak perlu terlalu sering. Luangkan waktu saja 7 hari dalam 1 bulan dan itu adalah Promo Diskon. Biasanya jika tidak ada scarcity/ keterbatasan waktu, orang suka menunda untuk beli. Jadi kita perlu menciptakan keterdesakan itu…
 

Jadi bisa buat promo diskon selama seminggu. Nanti buat mereka yang ketinggalan promo, pasti akan inbox Anda dan terjadilah transaksi di masa-masa non diskon. Jadi, itulah pola yang kami lakukan setiap harinya dalam melakukan optimasi FB Marketing.

 
Semoga bermanfaat,
Aditya Satriawan (Facematic)

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved