Kenapa List Building Penting

untuk Marketing?

Kita menawarkan produk kepada orang asing itu lebih sulit dibandingkan kepada orang yang sudah bertahun-tahun mempercayai kita. Oleh sebab itu dalam marketing kita disarankan membuat kolam list. Media untuk membangun list ini bebas, tapi yang paling bagus menurut saya adalah email list menggunakan autoreaponder.

Untuk mendapatkan leads atau prospek (orang yang tertarik dengan produk kita) salah satu caranya adalah dengan menawarkan hadiah gratisan. Hadiah ini tentu saja harus berhubungan dengan produk yang kita jual.

Bentuk yang paling ideal adalah produk digital seperti ebook, aplikasi, video, audio, dll atau kode kupon diskon juga bagus. Hadiah gratisan ini kita sebut lead magnet.

Nah ini kita pasang dalam sebuah halaman web yang dilengkapi formulir untuk memasukan data mereka misalnya email. Halaman web ini kita sebut optinpage atau squeezepage.

Data yang kita ambil bisa alamat email, bisa no hp, dan sebagainya. Tapi semakin banyak data yang diminta maka semakin banyak orang yang keberatan dan mundur. Oleh sebab itu saya biasanya cuma minta alamat email karena toh kalau sudah beli kita akan tahu nama dan data lainnya.

Jangan lupa jika orang sudah masuk list jangan dicuekin. Kalau pakai autoreaponder email maka ada fitur menjadwalkan email, nah ini bisa kita gunakan untuk berbagi konten atau informasi lanjutan.

Promosinya kapan? Ya bisa langsung, bisa nanti-nanti. Kalau saya biasanya pakai fitur broadcast untuk promosi dan fitur schadule buat menjadwalkan email konten.

Anda boleh percaya boleh juga tidak bahwa dengan budget marketing yang sama, antara traffic diarahkan langsung ke salespage dan diarahkan dulu ke squeezepage untuk kita ambil data mereka, jualannya nanti setelah kepercayaan terbangun, ini hasilnya bisa bumi dan langit.

Saya pernah mencoba budget Rp 10 juta untuk promosi produk langsung, bisa dapat penjualan tapi profitnya tipis. Beda halnya ketika saya mulai list building, dengan budget segitu bisa mendapatkan ribuan leads dan baru jualan setelah mereka kenal baik, ternyata hasilnya lebih bagus.

Bahkan mantapnya lagi leads yang kita dapatkan tersebut bisa kita berikan penawaran produk-produk selanjutnya. Jadi memiliki kolam list sangat bermanfaat untuk jangka panjang.

Mau lihat dan intip contoh riil saya bangun list email? disini riyanputra.id

Semoga bermanfaat..

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved