10 Langkah Mudah

Jualan Online untuk Pemula

Sekarang eranya jualan online dan kalau Anda seorang yang baru memulai, jangan mikir ribet-ribet dulu. Anda bisa ikuti urutan langkah-langkah di bawah ini:

1]  Tentukan Goal Profit

Mulailah dari mentukan nominal profit yang ingin didapatkan per bulannya. Tujuannya agar Anda memiliki gambaran target yang jelas sehingga nanti usahanya juga akan lebih terarah. Misalnya Rp 9 juta /bulan artinya Rp 300ribu/hari.

2] Pilih Produk yang Akan Dijual

Cari produk yang sesuai antara profit dan market yang Anda kuasai. Misal Anda jual produk kosmetik yang harganya Rp 200ribu dan profitnya Rp 100ribu. Artinya mengacu pada target di poin pertama, setiap hari Anda harus mendapatkan 3 penjualan.

3] Kumpulkan Calon Pembeli (Leads)

Untuk mendapatkan 3 penjualan Anda harus memiliki setidaknya 100 calon pembeli. Kita asumsikan conversion ratenya rendah aja yaitu 3% (karena masih pemula).

4] Sediakan Konten Edukasi

Sediakanlah konten edukasi misalnya dalam bentuk artikel atau video yang berhubungan dengan produk kosmetik tadi. Saran saya isi kontennya perpaduan antara problem market, lalu detil produk dan sekaligus branding brand Anda. Misalnya Anda tampilkan testimoni kepuasan atau rekomendasi orang terkenal sebagai social proof.

5] Sewa Tools Email Marketing

Tools email marketing atau lebih familiar disebut autoresponder ini bisa Anda sewa baik yang lokal maupun internesional bisanya tersedia paket bulanan dan tahunan. Sesuaikan dengan budget aja. Kalau uangnya ada, mau lebih hemat bisa pilih tahunan.

6] Gunakan Fitur Schadule

Di email marketing tools Anda bisa setting email terjadwal yang terkirim otomatis setiap hari untuk membagikan konten yang sudah Anda siapkan tadi. Di setiap email yang terkirim ini Anda juga boleh sambil jualan (disarankan softselling). 

7] Bikin Optinpage

Buatlah halaman web untuk pintu masuk orang ke list Anda. Halaman web ini berisi penjelasan menganai benefit apa yang akan mereka dapatkan jika mau memasukan nama dan alamat email di kolom yang tersedia disitu.

8] Datangkan Traffic Mentah

Promosikan atau datangkan traffic (pengunjung) ke optinpage yang sudah Anda buat untuk mendapatkan milimal 100 alamat email (calon pembeli) setiap hari. Cara promosinya bebas, misalnya menggunakan jasa SEO, sosial media organik, solo Ads, FB ads dll.

9] Broadcast Email Jualan

Di waktu-waktu tertentu Anda bisa lakukan broadcast atau kirim email massal kepada seluruh subscriber. Gunakan strategi marketing misalnya promo diskon terbatas memperingati hari besar tertentu, promo beli dua gratis ongkir dll. Intinya buatlah promo yang kreatif.

10] Mindset Email Marketing

Dalam email marketing ada istilah “Kalau mereka belum beli hari ini ya pasti beli besok” Jadi dengan jumlah calon pembeli yang bertambah 100 orang tiap hari maka database Anda dalam sebulan aja 3.000 orang dan dalam setahun ada 36.000 orang. Database ini 100% milik Anda. Bisa Anda juali kapanpun dengan produk kedua, ketiga dan seterusnya. 

Nah dengan konsep ini memang terlihat gak instan tapi ini jalur banyak dipraktekan para marketer top untuk mendapatkan penjualan besar dalam waktu cepat dan biaya nyaris NOL rupiah.

Selamat praktek ya.

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved