Unsubscribe Bukan Kiamat..

Kenapa Takut Amat?

Banyak marketer tidak melakukan list building karena merasa frustasi dengan orang yang unsubscribe atau berhenti berlangganan.

  • Kirim konten edukasi – mereka unsubscribe
  • Kirim konten pelatihan – mereka unsubscribe
  • Kirim konten hiburan – mereka unsubscribe
  • Kirim promo jualan – mereka unsubscribe

Begini teman,

Unsubscribe adalah hak setiap orang yang masuk list Anda, jadi meminimalisirnya bukan dengan cara menyembunyikan atau bahkan menghilangkan tombol unsubscribe karena itu justru mengarah pada tindakan spam, melainkan cukup dengan introspeksi karena besar kemungkinan mereka cuma merasa terganggu. Bisa jadi terganggu dengan isi kontennya atau waktu pengirimannya yang gak tepat.

Jadi solusinya cukup perbaiki konten dan waktu pengirimannya saja. Lalu jangan lupa juga bahwa pastikan orang masuk list Anda atas inisiatif dirinya sendiri (secara sadar) jadi jelas mereka merupakan target market Anda yang kemungkinan besar tertarik dan membutuhkan produk Anda.

Meskipun begitu jangan heran karena akan tetap ada saja yang unsubscribe. Cara menyikapinya adalah biarkan saja karena itu justru cara alami memfilter target market. Mereka yang merasa tidak cocok dan tidak membutuhkan Anda atau produk Anda akan menjauh. Fokus saja berikan yang terbaik untuk orang-orang yang bertahan dalam list Anda.

Dan pastinya proses mencari subscriber baru tetap berjalan (jangan pernah berhenti) jadi seiring berjalannya waktu list Anda akan tumbuh membesar dan berisi orang-orang yang terfilter dengan baik.

Kesimpulannya:

List building adalah hal penting dalam marketing jadi jangan dihindari hanya karena mindset yang salah dalam menjalankanya.

Fokuskan energi untuk membuat konten terbaik dan mencari subscriber baru.

Ingat tidak ada kerugian dipihak Anda ketika ada subscriber Anda yang berhenti berlangganan tapi ketika Anda terlambat bahkan tidak melakukan list building kerugian jangka panjangnya jelas untuk Anda sebagai marketer.

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved