Pilih Mau Bikin Channel Youtube

untuk Market Luar atau Lokal?

Mungkin Anda pernah dengar pendapat orang mengenai lebih gurih mana antara nyari uang pake channel youtube untuk market luar atau lokal. 

Saran saya, Anda jangan percaya begitu saja. Yang paling bagus adalah Anda mencoba dan membuktikannya sendiri.

1] Channel Youtube untuk Target Market Luar

Bahasa dalam audio video harus menggunakan bahasa internasional misalnya Bahasa Inggris. Judul video, deskripsi, tag juga dalam Bahasa Inggris. Termasuk lokasi juga Anda bisa setting misalnya US, dll.

Kelebihannya:
Anda bisa merasakan atmosfer yg luas dalam mencari uang. Tidak terpaku di dalam negeri saja. Dollarnya mungkin juga berasa beda. Hehe Disini Anda juga akan lebih sering mengasah kemampuan Bahasa Asing Anda.

Kekurangannya: 
Anda harus menguasai bahasa internasional misalnya English meskipun bisa juga menggunakan aplikasi tertentu yang bisa mengubah teks jadi suara. Tapi akan lebih bagus jika menggunakan suara asli manusia. Dimana untuk sebagian orang Bahasa Inggris adalah hambatan yang serius.

Kekurangan lainnya adalah bisa jadi Anda akan mendapatkan lebih banyak pesaing meskipun arena persaingannya juga bertambah luas.

2] Channel Youtube untuk Target Market Lokal

Bahasa cukup gunakan bahasa Indonesia yang pasti Anda kuasai. Anda bisa lebih bebas mengekspresikan diri karena Anda tahu batasan etika yang berlaku di Indonesia.

Kelebihan:
Bisa lebih mudah dalam pembuatan konten, pengembangan channel bahkan menambah penghasilan dari endorse dan jualan produk. Penyebabnya adalah karena Anda menguasai bahasanya dan mengetahui karakteristik orang-orang Indonesia secara umum.

Kekurangan:
Anda tidak memiliki pengalaman bagaimana mendulang dollar di market luar. Anda tidak bisa membuktikan anggapan kebanyakan orang bahwa main youtube adsese market luar bikin cepat kaya.

Kesimpulan:
Anda bisa mencoba keduanya sekaligus. Nanti Anda akan tahu dimana Anda merasa lebih nyaman.

Sampai jumpa!

Produk Gratis

Penawaran Terbaru

Artikel Lainnya

Copyright Oralali.com – All Rights Reserved